Berita Dunia Islam Terdepan

Tentara Niger dan Chad luncurkan operasi militer besar terhadap Boko Haram

Pasukan regional siap berpartisipasi dalam operasi militer terhadap Boko Haram
1

BOSSO (Arrahmah.com) – Tentara Niger dan Chad telah meluncurkan serangan darat dan udara terhadap kelompok Boko Haram di timur laut Nigeria, ujar sumber pemerintah Niger.

“Sebuah serangan sedang berlangsung terhadap Boko Haram,” ujar sumber kepada kantor berita AFP.

“Pagi dini hari (Ahad), pasukan dari Niger dan Chad memulai serangan terhadap Boko Haram di daerah Bosso dan dekat Diram.”

Seorang warga Diffa, yang terletak di Niger dan dekat perbatasan Nigeria mengatakan kepada AFP bahwa ia melihat tentara menuju perbatasan pada Ahad (8/3/2015) pagi diikuti suara tembakan senjata berat.

“Setelah beberapa waktu, ledakan terdengar lebih jauh, sebagai tanda bahwa pasukan bergerak lebih dalam ke Nigeria,” tambahnya.

Stasiun radio swasta Anfani yang berbasis di Diffa melaporkan lebih dari 200 kendaraan termasuk yang dilengkapi dengan senapan mesin serta tank, ambulans, mobil tangki air dan truk transportasi, berada dalam konvoy yang bergerak menuju
perbatasan Nigeria.

Juga dilaporkan bahwa pesawat tempur telah menargetkan posisi Boko haram pada Sabtu dan Ahad pagi.

Tidak ada laporan mengenai korban yang mungkin jatuh dalam operasi ini.

Serangan tersebut terjadi setelah Uni Afrika pada Jum’at (6/3) mendukung terciptanya kekuatan regional hingga 10.000 pasukan untuk bergabung dengan perang melawan Boko Haram yang pada Sabtu kemarin mengumumkan sumpah setianya kepada Daulah Islam (ISIS/IS).

Kekuatan Uni Afrika akan berbasis di ibukota Chad, N’Djamena.

Para diplomat mengatakan Chad, Nigeria, Kamerun, Niger dan Benin telah berkomitmen untuk menyediakan pasukan yang akan beroperasi secara bebas. (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...