Berita Dunia Islam Terdepan

Syiah Houtsi menembaki pengunjuk rasa dalam aksi protes di Yaman

1

YAMAN (Arrahmah.com) – Pemberontak Syiah Houtsi membubarkan paksa aksi protes di tengah kota Ibb Yaman dengan tembakan, pada Sabtu (7/3/2015), lansir WB.

“Sejumlah demonstran terluka ketika Houtsi melepaskan tembakan untuk membubarkan protes itu,” kata seorang saksi mata kepada Anadolu Agency.

Sejumlah pengunjuk rasa bahkan dilaporkan diculik oleh Syiah Houtsi, menurut saksi.

Para pengunjuk rasa berkumpul untuk mengecam apa yang mereka gambarkan sebagai kudeta Houtsi di Yaman dan menuntut pembebasan tahanan yang ditahan oleh para pemberontak Syiah Houtsi.

Yaman berada di tengah situasi kacau sejak September lalu, ketika Syiah Houtsi menjajah ibukota Sana’a, dari mana mereka telah berusaha untuk memperluas kontrol mereka ke bagian lain negara itu.

Pada bulan Februari, Houtsi mengeluarkan “pernyataan konstitusional” sepihak membubarkan parlemen dan membentuk dewan transisi 551 anggota.

Deklarasi itu bagaimana pun ditolak oleh sebagian besar kekuatan politik Yaman bersama dengan beberapa negara Teluk tetangga yang digambarkan sebagai kudeta terhadap legitimasi konstitusional.

(banan/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...