Berita Dunia Islam Terdepan

Dubes AS Mark Lippert mendapat sabetan pisau di Korsel

1

(Arrahmah.com) – Duta Besar Amerika Serikat untuk Korea Selatan mendapat serangan sabetan pisau yang begitu mengejutkan oleh seorang pria di pusat budaya Sejong Art Centre, Seoul, Kamis pagi (5/3/2015) waktu setempat, lansir NBC News.

Belum jelas bagaimana tersangka yang kemudian diketahui bernama Kim Ki-jong bisa mendekati Mark Lippert (42) dan menyerangnya dengan pisau di sana.

Pengawal bersenjata ditugaskan sepanjang waktu untuk melindungi dia ketika serangan itu terjadi, menurut Departemen Luar Negeri AS, Jum’at (6/3).

Perwakilan Departemen Luar Negeri AS, Marie Harf, mengatakan petugas keamanan Departemen Luar Negeri sendiri biasanya hanya ditugaskan untuk duta di lingkungan yang dinilai tidak aman.

Dengan wajah dan tangan berlumuran darah, pejabat AS itu segera dilarikan ke rumah sakit terdekat dan menjalani tiga jam operasi untuk menangani luka sayatan di wajahnya. Dia diperkirakan akan tetap dirawat di rumah sakit sampai minggu depan.

Sementara itu, polisi sedang berusaha untuk mendakwa Kim dengan percobaan pembunuhan dalam serangan itu. Polisi mengatakan serangan itu dilakukan sebagai protes terhadap latihan militer bersama pasukan Korea Selatan dengan AS, yang dinyatakan Kim mengganggu rekonsiliasi antara Korea Utara dan Korea Selatan.

Saat beraksi, pria yang diperkirakan berusia 55 tahun itu meneriakkan tuntutan agar Korea Selatan dan Utara bersatu.

(banan/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...