Berita Dunia Islam Terdepan

Pemerintah Pakistan menangkap ratusan orang tua yang menolak untuk memvaksin anaknya

Seorang anak perempuan tengah diberikan vaksin polio di sebuah terminal di Rawalpindipada 16 Februaru 2015. (Foto: AP)
2

ISLAMABAD (Arrahmah.com) – Pemerintah Pakistan telah melakukan penangkapan besar-besaran untuk pertama kalinya terhadap orang tua yang menolak anak-anak mereka diberikan vaksin polio.

Otoritas di Peshawar, barat laut negara tersebut, telah menahan 471 orang dan mendakwa mereka dengan tuduhan “membahayakan keamanan publik”, lapor BBC pada Senin (2/3/2015).

Pemerintah mengatakan mereka hanya akan dibebaskan setelah mereka berjanji secara tertulis untuk memvaksin anak-anak mereka.

Pemerintah Pakistan telah menyatakan “perang” pada penyakit polio.

“Kami telah memutuskan untuk menangani kasus-kasus penolakan dengan tangan besi. Siapapun yang menolak akan dikirim ke penjara,” ujar Riaz Khan Mehsud, wakil komisaris Peshawar.

Pakistan merupakan satu dari tiga negara di mana polio masih menjadi endemik.

Di tahun 2014 kasus polio di Pakistan mencapai jumlah 306, tertinggi selama 14 tahun terakhir. Sembilan kasus baru telah terdeteksi di awal tahun ini.

Pada bulan Juni 2014, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan semua wisatawan internasional dari Pakistan diberikan tetesan polio di bandara untuk mencegah penyebarannya. (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...