Berita Dunia Islam Terdepan

Mujahidin AQAP bebaskan diplomat Saudi yang menjadi tawanan mereka

Abdullah Khalidi disambut oleh pejabat Saudi saat tiba di Riyadh. (Foto: AP)
2

RIYADH (Arrahmah.com) – Seorang diplomat Saudi yang ditangkap Mujahidin Semenanjung Arab (AQAP) selama hampir tiga tahun dilaporkan telah dibebaskan, menurut pernyataan pejabat Saudi.

Abdullah al-Khalidi, wakil konsul Arab Saudi di kota pelabuhan Aden, ditangkap pada Maret 2012 di depan rumahnya di Aden.

Gambar yang diambil dari video yang diunggap ke YouTube pada 15 April 2013 memperlihatkan Abdullah al-Khalidi selama wawancara dengan Al-Malahim Media (Foto: AFP)
Gambar yang diambil dari video yang diunggah ke YouTube pada 15 April 2013 memperlihatkan Abdullah al-Khalidi selama wawancara dengan Al-Malahim Media (Foto: AFP)

Ia muncul dalam beberapa video AQAP yang meminta pemerintah Saudi untuk berbuat lebih banyak untuk mengamankan pembebasannya, lansir BBC pada Senin (2/3/2015).

Mujahidin AQAP mengatakan mereka menangkap Khalidi dalam upaya untuk menjamin pembebasan tahanan perempuan di Arab Saudi dan untuk meningkatkan tebusan.

Sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh kementerian dalam negeri yang dipublikasikan oleh media pemerintah Saudi pada Senin (2/3) mengatakan bahwa Khalidi kini telah kembali ke Riyadh.

Tidak dijelaskan bagaimana ia dibebaskan namun laporan mengklaim bahwa itu adalah hasil dari “upaya intensif” yang dilakukan oleh dinas keamanan kerajaan.

Mujahidin AQAP telah meminta pembebasan semua anggotanya yang berada dalam tahanan Saudi untuk ditukar dengan pembebasan Khalidi.

Belum ada pernyataan resmi yang dikeluarkan oleh AQAP terkait hal ini. (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...