Berita Dunia Islam Terdepan

Jutaan warga Suriah memerlukan bantuan kebutuhan dasar sehari-hari

pengungsi Suriah
2

DAMASKUS (Arrahmah.com) – Menurut laporan Palang Merah Internasional, jutaan warga Suriah memerlukan bantuan kebutuhan pokok untuk memenuhi keperluan MCK, seperti sabun, pasta gigi dan tisu, sebagaimana dilaporkan Risalah, Senin (2/2/2015).

Palang Merah juga berharap masyarakat dunia agar membantu jutaan warga Suriah untuk bisa hidup lebih layak dalam kondisi perang yang masih melanda negeri mereka. Berdasar data Palang Merah, lebih dari 16 juta warga Suriah (atau sekitar lebih dari 60 persen dari jumlah penduduk negeri itu) memerlukan bantuan.

“Ini semua kebutuhan dasar. Apabila mereka memiliki uang untuk membeli, banyak toko yang sudah tutup atau tidak memiliki persediaaan. Kalau pun [persediaanya] ada, mereka terutama wanita dan anak-anak akan berada dalam situasi berbahaya, bila harus keluar untuk membeli,” jelas Peter Waltom, Kepala program internasional Palang Merah, sebagaimana dikutip dari Australia Plus.

Menurut Waltom, sejauh ini Palang Merah telah melakukan distribusi bantuan makanan, air, layanan kesehatan dan penampungan bagi sekitar 3,5 juta orang Suriah. Namun bantuan internasional diperlukan untuk menyediakan kebutuhan dasar lainnya.

Jadi tak bisa dibayangkan jika anak-anak kita tidak mandi dan menggosok gigi saat pergi ke sekolah, karena tidak ada sabun dan pasta gigi, atau saudari-saudari kita tidak memiliki pembalut dan tisu ketika sedang datang bulan.

Revolusi Suriah tengah menjelang detik-detik tahun ke 4-nya dalam upaya menjatuhkan pemerintahan diktator, teroris Basyar Al-Assad. Tragedi Suriah disebut PBB sebagai tragedi kemanusiaan terbesar dekade ini, bahkan sejak meletusnya Perang Dunia II.

Sekitar 220 ribu orang telah tewas di tangan rezim Assad. Sementara, jutaan orang kehilangan tempat tinggalnya dan terlunta-lunta menjadi pengungsi. (adibahasan/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...