Berita Dunia Islam Terdepan

Puluhan pengungsi Suriah dan Irak diselamatkan di lepas pantai Rumania

2

RUMANIA (Arrahmah.com) – Penjaga pantai Rumania menyelamatkan 70 imigran – kebanyakan berasal dari Suriah dan Irak – yang terombang ambing dalam sebuah kapal nelayan kecil yang berada dalam bahaya tenggelam saat mereka berusaha untuk menyebrang ke Eropa di tengah badai pada Sabtu (28/2/2015), lansir WB.

Kapal Turki itu telah berlayar dari Istanbul dan ditemukan dalam bahaya sekitar 10 mil (16 km) dari pantai Rumania. Perahu, yang penuh dengan para pengungsi termasuk 20 wanita dan tujuh anak, itu dibantu berlabuh di pelabuhan Constanta, juru bicara penjaga pantai mengatakan kepada Reuters.

Sekitar 500 imigran telah tiba melalui laut ke Rumania sejak pertengahan tahun 2013, menurut data penjaga pantai. Mereka berusaha menyelamatkan diri dari perang, kemiskinan dan pelanggaran hak asasi manusia di Timur Tengah dan Afrika.

Angka itu lebih kecil dibandingkan dengan beberapa negara Eropa lainnya; badan pengungsi PBB mengatakan 160.000 orang melakukan penyeberangan laut ke Italia antara Januari dan November 2014 dan selanjutnya 40.000 orang mendarat di Yunani. Ribuan orang telah meninggal dalam perjalanan.

Juru bicara penjaga pantai Rumania Marius Niculescu mengatakan para imigran yang diselamatkan pada hari Sabtu (28/2) adalah yang pertama yang telah berusaha untuk mencapai laut Rumania tahun ini. Dia mengatakan mereka sedang menjalani pemeriksaan medis dan bahwa mereka bisa meminta suaka.

(banan/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...