Berita Dunia Islam Terdepan

Polisi menangkap lima orang dalam aksi unjuk rasa anti-Islam di Inggris

4

LONDON (Arrahmah.com) – Polisi telah menangkap lima orang selama reli pertama anti-Islam Pegida Inggris di pusat kota Newcastle. Polisi Northumbria mengatakan bahwa sebanyak 375 orang ikut serta dalam reli Pegida, sementara 2.000 orang bergabung dengan demonstrasi tandingan yang menamakan dirinya ‘Newcastle Unites’.

Kelimanya ditangkap setelah terlibat sebuah insiden perkelahian antara para pengunjuk rasa dengan kelompok yang berseberangan pandangan. Kepolisian sudah melakukan isolasi terhadap dua kelompok yang berseberangan pandangan itu, sebagaimana dilansir oleh ITV News, Sabtu (28/2/2015).

Belum jelas benar dari kelompok mana kelima orang yang ditangkap oleh kepolisian. Namun menurut kepolisian Northumbria – otoritas kepolisian yang bertugas mengamankan area Newcastle dan sekitarnya- meraka ditangkap lantaran mabuk dan percobaan berbuat keonaran.

Pihak PEGIDA Inggris berkeras mengatakan bahwa mereka melakukan pawai dengan damai. Hingga kini laman facebook PEGIDA Inggris sudah memiliki 17 ribu likes. dari belasan ribu penyuka laman itu, 800 orang telah menyatakan kesediaannya untuk hadir dan bergabung dengan pawai protes PEGIDA yang digelar pada Sabtu ini.

Sementara itu, di Jerman, tempat gerakan Patriot Eropa Melawan Islamisasi Barat itu bermula , PEGIDA, telah menarik 25 ribu pendukung di kota timur Jerman, Dresden. Pada medio Januari lalu, pawai anti-Islam oleh gerakan PEGIDA di kota Dresden dibatalkan akibat adanya ancaman terhadap salah seorang pemimpin mereka.

George Galloway, seorang anggota parlemen, yang menyampaikan pidato di pawai besar-besaran kontra-demonstrasi PEGIDA mengatakan bahwa protes anti-Islam berusaha untuk “menimbulkan masalah” di Inggris, sebagaimana dilansir oleh The Independent, Sabtu (28/2/2015).

kelompok konter-demonstrasi menentang protes PEGIDA jumlahnya lebih besar

[kelompok konter-demonstrasi menentang protes PEGIDA jumlahnya lebih besar]

“Semua orang yang yang berakal sehat di Inggris akan mengecam gagasan kelompok Nazi Jerman yang datang ke Inggris yang mencoba untuk membuat masalah,” katanya.

“Sebagian besar orang Inggris menghormati itu dan orang-orang yang berada di sini di kontra-demonstrasi PEGIDA ini mewakili jutaan orang tersebut.”

(ameera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...