Berita Dunia Islam Terdepan

Masjid Krimea pada mata uang Ukraina

6

UKRAINA (Arrahmah.com) – Bank Nasional Ukraina (NBU) telah memperkenalkan koin 5 dan 10 hryvna yang didedikasikan untuk masjid Krimea Uzbek Khan dan Madrasah dibangun di Krimea pada tahun 1314, sebagaimana dilansir oleh World Bulletin.

Koin 10 hryvna terbuat dari perak, sedangkan koin 5 hryvna terbuat dari perak Jerman, campuran tembaga dengan nikel dan seng. Sebanyak 2000 eksemplar koin yang diterbitkan

Desain dua koin ini adalah sama. Ada mantel kecil senjata Ukraina di bagian depan dan tulisan “Natsional’niy Bank Ukrainy” (Bank Nasional Ukraina), nilai nominal koin dan tahun: 2014.

Di balik koin ada gambar masjid oz Beg Khan dan “ESKI QIRIM. ÖZBEK HAN CAMISI VE MEDRESE” Tatar Krimea dan prasasti ” MECHET’ KHANA UZBEKA I MEDRESE” Ukraina.

Menurut Mufti Ukraina Said Ismagilov, dengan mencetak uang seperti itu, Ukraina menunjukkan bahwa Ukraina masih mengakui Krimea.

Masjid Uzbek Khan

masjid Krimea

Masjid ini dibangun oleh Khan Uzbek, seorang penganut Islam. Masjid ini, pada kenyataannya, masjid tertua di Krimea. Saat ini tampak seperti bangunan persegi panjang sejenis basilika dengan menara di sudut timur laut dan pintu masuk dari utara.

Pembangunan masjid itu dimulai pada 1314; dua tahun setelah Khan Uzbek naik tahta sebagai Golden Horde. Seorang pelancong asal Turki yang bernama Evliya Celebi menyebutkan dalam catatannya bahwa di bawah pemerinyajan Menli Giray pada tahun 1512-1513 dulu ada sebuah masjid katedral.

(ameera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...