Berita Dunia Islam Terdepan

Video: Sehat dengan berjenggot

Syaikh Al-Maqdisi (berpakaian gelap) bersama sahabat karibnya Syaikh Abu Qatadah (hafizahumullah)
2

JAKARTA (Arrahmah.com) – Memelihara jenggot ternyata dapat membuat kaum pria menjadi sehat. Sebagai Muslim, hal ini merupakan sunnah yang dicontohkan Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam, sebagaimana disebutkan dalam hadits berikut.

أَحْفُوا الشَّوَارِبَ وَأَعْفُوا اللِّحَى

“Potong pendeklah kumis dan biarkanlah (peliharalah) jenggot.” (HR. Muslim no. 623)

Selain itu memelihara jenggot merupakan salah satu dari fitrah manusia, sesuai dengan hadits berikut.

عَشْرٌ مِنَ الْفِطْرَةِ قَصُّ الشَّارِبِ وَإِعْفَاءُ اللِّحْيَةِ وَالسِّوَاكُ وَاسْتِنْشَاقُ الْمَاءِ وَقَصُّ الأَظْفَارِ وَغَسْلُ الْبَرَاجِمِ وَنَتْفُ الإِبْطِ وَحَلْقُ الْعَانَةِ وَانْتِقَاصُ الْمَاءِ

“Ada sepuluh macam fitrah, yaitu memendekkan kumis, memelihara jenggot, bersiwak, istinsyaq (menghirup air ke dalam hidung,-pen), memotong kuku, membasuh persendian, mencabut bulu ketiak, mencukur bulu kemaluan, istinja’ (cebok) dengan air.” (HR. Muslim no. 627)

Perlu kita ketahui bahwa jenggot juga dipelihara oleh semua nabi yang Allah turunkan keada manusia, seperti Nabi Nuh, Ibrahim, Ismail, Ishaq, Musa, Harun, Yahya, Isa dan Muhammad, serta semua nabi lainnya (damai dan berkah dari Allah atas mereka semua).

Maka, selain laki-laki Muslim mengikuti perintah Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wasallam dalam memelihara jenggot, mereka juga ternyata turut memelihara kesehatan dirinya. Berikut adalah beberapa fakta menakjubkan hasil penelitian tentang manfaat kesehatan dari memelihara jenggot.

  • Mencegah kanker kulit
  • Pengurangan gejala alergi dan Asma
  • Membuat wajah terbebas dari noda kehitaman/kemerahan
  • Melembabkan wajah secara alami
  • Menjadikan awet muda
  • Mencegah penyakit
  • Mengurangi infeksi jika mendapat luka

Alhamdulillah, maka memiliki jenggot adalah salah satu nikmat tak terhingga dari Allah kepada kaum pria.(adibahasan/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...