Berita Dunia Islam Terdepan

Menghindari stroke melalui pola makan

2

(Arrahmah.com) – Selain menghindari stres, penting untuk mendisplinkan diri dalam pola makan. Perbanyak buah dan sayur. Konsumsi makanan berserat dapat mengendalikan lemak dalam darah dan menjauhkan stroke.

1. Kurangi garam

Terlalu banyak garam dapat membuat tekanan darah melambung dan meningkatkan risiko pecahnya pembuluh darah otak. Jumlah maksimum yang aman yang dianjurkan 6 gram per hari untuk orang dewasa.

2. Minyak zaitun

Minyak zaitun membantu menjaga darah Anda mengalir lancar. Minyak tak jenuh tunggal seperti zaitun menurunkan kadar kolesterol LDL yang berbahaya dalam darah dan meningkatkan risiko stroke.

3. Ikan

Minyak ikan, seperti makarel kaya akan omega-3 asam lemak esensial, yang menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi risiko penyumbatan pembuluh darah, stroke dan serangan jantung. Ikan segar seperti salmon, trout, herring dan tuna juga bisa jadi pilihan.

4. Brokoli

Sayuran hijau yang mengandung asam folat atau vitamin B bisa menurunkan tingkat homosistein yang tidak diinginkan dalam darah. Jangan merebus brokoli Anda sampai terlalu lama sebab bisa menghilangkan asam folat yang terkandung di dalamnya.

5. Wortel

Wortel adalah sumber fantastis beta karoten, yang bertindak sebagai antioksidan dan mencegah kerusakan oksidatif arteri oleh radikal bebas yang berbahaya.

6. Pir

Pir adalah sumber serat yang mudah larut. Tidak seperti serat yang sulit larut, pir mudah larut menyerap kolesterol dalam tubuh.

7. Jeruk

Jeruk kaya antioksidan vitamin C. Ini unsur penting untuk menghancurkan molekul berbahaya yang disebut radikal bebas yang merusak lapisan arteri.

8. Bawang putih

Bawang putih mengandung zat kimia yang disebut allicin, yang menjaga agar darah tak membeku dan menyebabkan stroke. Bawang putih membantu menjaga lipid darah dan menurunkan kadar kolesterol.

9. Ayam tanpa kulit

Dikukus, dipanggang atau direbus, sepotong kecil ayam tanpa kulit merupakan sumber protein rendah lemak. Tubuh butuh protein, tetapi jangan yang berasal dari sumber tinggi lemak seperti sosis atau hamburger. Kalkun juga mengandung protein rendah lemak.

10. Makanan sederhana

Stres diketahui meningkatkan risiko stroke. Jadi ada baiknya memasak sesuatu yang sederhana – yang tidak memakan waktu. Jika pergi ke restoran, pilihlah makanan yang sehat. Sempatkan periksa kadar kalori, lemak, garam dan gula dalam makanan.

Sumber: MensHealth

(ameera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...