Berita Dunia Islam Terdepan

Raja Arab Saudi Abdullah bin Abdulaziz meninggal dunia

Raja Abdullah bin Abdul Aziz
6

ARAB SAUDI (Arrahmah.com) – Raja Arab Saudi, Abdullah bin Abdulaziz, telah meninggal dunia, lapor televisi negara Saudi seperti dilansir Al-Jazeera.

Televisi Saudi menayangkan ayat-ayat Al-Qur’an pada Jum’at (23/1/2015) pagi ini, yang sering dijadikan penanda kematian petinggi kerajaan, beberapa menit sebelum pengumuman resmi tentang kematian Raja Abdullah dibuat.

Raja Abdullah menghembuskan nafas terakhirnya pada usianya yang lebih dari 90 tahun. Dia telah berada di rumah sakit selama beberapa minggu dan menderita pneumonia.

TV Saudi juga mengumumkan Putra Mahkota Salman bin Abdulaziz Al-Saud (79) kini resmi menjadi Raja Saudi yang baru dan Pangeran Muqrin bin Abdulaziz menjadi putra mahkota baru.

“Yang Mulia Salman bin Abdulaziz Al-Saud dan semua anggota keluarga serta bangsa berduka cita [atas meninggalnya] Penjaga Dua Masjid Suci Raja Abdullah bin Abdulaziz, yang meninggal tepat pukul 1 pagi ini,” lapor TV Negara.

Raja Abdullah, yang diperkirakan lahir pada tahun 1923, telah memerintah Arab Saudi sebagai raja sejak tahun 2006, tetapi telah memimpin negara sebagai pengawas de facto selama satu dekade sebelum itu, setelah pendahulunya Raja Fahd menderita stroke yang melumpuhkan.

Dalam kepemimpinannya, Abdullah memainkan peran dalam dukungan Arab Saudi untuk pemerintah Mesir setelah militer melakukan intervensi pada tahun 2012. Dia juga memerangi Mujahidin Al-Qaeda, dan menyingkirkan para pengkhotbah yang diklaim “radikal” di negaranya, lansir CNN.

Sementara Raja Salman telah menjadi putra mahkota dan menteri pertahanan sejak tahun 2012. Dia merupakan gubernur provinsi Riyadh selama lima dekade sebelum itu.

(banan/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...