Berita Dunia Islam Terdepan

Seorang ulama Afghan menerjemahkan Al-Qur’an ke bahasa Uzbek

1

(Arrahmah.com) – Untuk pertama kalinya di Afghanistan, seorang ulama telah berhasil menerjemahkan kitab suci Al-Qur’an ke dalam bahasa Uzbek, setelah tujuh tahun mengerjakannya.

“Ini adalah pelayanan yang besar bagi masyarakat Uzbek dan terutama bagi seluruh bangsa Afghan,” kata Dr. Muhammad Ayaz Niazi, salah satu ulama Afghan, kepada OnIslam.net.

Menurut alumni Al-Azhar tersebut, terjemahan Al-Qur’an dalam bahsa Uzbek akan membantu memperkaya saudara-saudara Muslim Uzbek dalam belajar dan mengajar Islam.

“Saudara-saudara Uzbek sekarang bisa berbangga juga mendapatkan pengajaran Islam tersedia untuk mereka dalam bahasa ibu mereka yang akhirnya akan membuka banyak jalan pembelajaran untuk mereka,” kata Dr. Niazi, yang juga merupakan imam di Masjid Jami Wazir Akbar Khan di ibukota Kabul.

Terjemahan Al-Qur’an dalam bahasa Uzbek tersebut ditulis oleh Maulana Haseeb Hasseb, seorang ulama di provinsi Baghlan.

Upayanya mendapatkan penghormatan di daerah mayoritas etnis Uzbek, Faryab.

Maulana Haseeb mengatakan bahwa tujuan utama dari penerjemahan ke bahasa Uzbek ini untuk mempermudah masyarakat Muslim Uzbek untuk mempelajari Al-Qur’an.

“Kami memiliki sebuah organisasi yang disebut Qur’anic Teaching Foundation yang berusaha untuk mempromosikan pendidikan agama di seluruh negeri ini,” katanya.

Dia menambahkan bahwa ia butuh waktu tujuh tahun untuk menerjemahkan Al-Qur’an ke dalam bahasa Uzbek dan sekarang ia berencana untuk mempublikasikannya sebanyak 2000 copy untuk disebar ke seluruh Afghanistan.

Ada sekitar 5 juta warga etnis Uzbek yang hidup di provinsi barat laut Afghanistan seperti Faryab, Badghis dan Jawzjan. (siraaj/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...