Berita Dunia Islam Terdepan

Pasukan “Israel” menahan pemimpin Fatah di pos pemeriksaan Bethlehem

0

BETHLEHEM (Arrahmah.com) – Pasukan “Israel” yang dikerahkan di pos pemeriksaan Kontainer sebelah timur Bethlehem, pada Sabtu (3/1/2015) menghentikan dan menahan anggota komite pusat Fatah, Abbas Zaki, dalam upaya nyata untuk menahan dia, lapor Ma’an.

Zaki mengatakan kepada Ma’an melalui telepon bahwa pasukan “Israel” di pos pemeriksaan itu menahan dia dan dua pengawalnya di mobilnya. Dia mengatakan mereka telah mengambil kartu identitasnya tanpa menjelaskan alasannya.

Zaki mengatakan bahwa tentara “Israel” melakukan panggilan telepon dan dia menduga mereka mencoba untuk menemukan alasan untuk menahan dia.

“Sepertinya ada perintah ‘Israel’ untuk penahanan saya,” kata Zaki.

“Pasukan ‘Israel’ mencegah saya melakukan atau menerima panggilan di ponsel saya,” tambahnya.

Dia menambahkan bahwa beberapa orang Palestina di pos pemeriksaan itu telah berusaha untuk membela dirinya dan mencegah penahanannya.

Ma’an kehilangan kontak dengan Zaki segera sesudahnya.

Pos pemeriksaan Kontainer, yang terletak sebelah timur laut Bethlehem dekat tebing Wadi Nar timur desa Al-Sawahira Al-Sharqiya, terletak di satu-satunya jalan besar yang terbuka untuk warga Palestina yang menghubungkan selatan wilayah Hebron, Tepi Barat dan Bethlehem ke Tepi Barat tengah dan utara.

Meskipun ada banyak jalan lain yang tersedia untuk para pemukim Yahudi untuk bergerak di antara dua daerah itu, bagi warga Palestina jalan itu adalah penghubung utara-selatan yang penting, dan penutupan pos pemeriksaan itu dapat menyebabkan penundaan berjam-jam bagi para komuter.

(banan/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...