Taliban menawan 4 polisi Tajik di Afghanistan utara

11

AFGHANISTAN (Arrahmah.com) – Taliban dikabarkan telah menawan empat polisi perbatasan Tajikistan di provinsi Kunduz Afghanistan, dekat perbatasan dengan Tajikistan, lapor WB pada Sabtu (20/12/2014).

Sarvar Husaini, juru bicara kepala keamanan provinsi Kunduz, mengatakan kepada Anadolu Agency bahwa polisi Tajik memasuki distrik Imam Sahib di bagian utara provinsi Kunduz tanpa izin untuk menebang pohon, dan “militan menculik mereka”.

Husaini mengatakan operasi penyelamatan sedang dilakukan untuk polisi-polisi itu.

Sementara itu, Amanuddin Quraishi, gubernur distrik Imam Sahib, mendesak bahwa beberapa pejuang Taliban yang ditangkap akan dibebaskan dalam pertukaran untuk polisi perbatasan Tajikistan tersebut.

Mujahidin Taliban mengintensifkan operasi mereka setelah pemerintah Afghanistan menandatangani Perjanjian Keamanan Bilateral dengan Amerika Serikat, dan kemudian menandatangani pakta yang sama dengan NATO.

NATO dan Amerika Serikat sedang mempersiapkan untuk menarik pasukan tempur dari Afghanistan pada akhir 2014, dalam 13 tahun perang berdarah mereka menentang Mujahidin Taliban.

Namun AS malah akan terus menambah 1.000 tentara di Afghanistan tahun depan, membuat jumlah pasukan sisa mereka menjadi 10.800.

(banan/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.