Janji-janji bantuan untuk rekonstruksi Gaza baru terealisasi 2%

19

GAZA (Arrahmah.com) – Para pejabat Palestina dan internasional telah mengungkapkan bahwa hanya 2 persen dari janji yang dibuat oleh negara-negara donor untuk membangun kembali Jalur Gaza yang benar-benar telah diwujudkan. Janji tersebut dibuat dalam konferensi donor di Mesir dua bulan yang lalu, lapor MEMO pada Sabtu (20/12/2014)

Sebanyak $ 5400000000 telah dijanjikan untuk rekonstruksi wilayah Gaza yang diblokade setelah hancur akibat agresi terbaru “Israel” terhadap warga sipil Gaza selama musim panas. Pendonor utama, Qatar menjanjikan $ 1 miliar, Arab Saudi $ 500 juta dan Uni Eropa $ 780.000.000.

Diharapkan bahwa setengah dari janji tersebut akan dihabiskan untuk membangun kembali rumah dan infrastruktur di Jalur Gaza dan sisanya akan meningkatkan anggaran Otoritas Palestina. Namun menurut pejabat PBB, hanya $ 100.000.000 yang telah diserahterimakan dari donor.

“Kami menerima dana dan janji senilai sekitar $ 100 juta untuk tempat penampungan dan renovasi rumah,” kata Robert Turner, Direktur Operasi UNRWA di Gaza. “Uang ini akan habis pada bulan Desember di tengah musim dingin yang keras.” Kekurangan tersebut, lanjut dia, adalah $ 620.000.000.

Menteri Perumahan Palestina Mofeed Al-Hasayneh mengatakan bahwa negara-negara Arab tidak memenuhi janji mereka untuk bulan ini. Sementara Eropa, bagaimanapun, telah membayar “beberapa juta”.

(banan/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.