Mujahidin Asy-Syabaab mengumpulkan dan menyalurkan $ 9 juta zakat di Somalia

3

SOMALIA (Arrahmah.com) – Mujahidin Asy-Syabaab menyatakan telah mengumpulkan zakat sebesar $ 9 juta di daerah yang mereka kendalikan di bagian tengah dan selatan Somalia, lapor WB pada Selasa (16/12/2014).

Sebuah video yang dirilis oleh kelompok jihad ini di salah satu situs yang berafiliasi menunjukkan puluhan warga lokal Somalia tengah antri untuk melaporkan jumlah ternak yang mereka miliki sehingga jumlah zakat yang harus mereka bayar dapat ditentukan.

Rekaman itu juga menunjukkan sejumlah warga miskin Somalia yang menerima bagian mereka dari zakat yang dikumpulkan Asy-Syabaab dan memuji Asy-Syabaab untuk gerakan amal ini.

Seorang pemimpin Asy-Syabaab, yang diidentifikasi sebagai Abu Muhammad, dalam video itu mengatakan bahwa sedekah telah didistribusikan kepada orang miskin setelah dikumpulkan dari orang-orang kaya.

Dia mengatakan sistem zakat diikuti di seluruh wilayah yang dikedalikan Asy-Syabaab, termasuk Juba Tengah di wilayah selatan, Gedo di barat daya, dan Hiran di Somalia tengah.

Zakat merupakan salah satu dari lima pilar Islam. Setiap mukmin yang berkecukupan harus menyisihkan 2,5 persen dari kekayaan mereka setiap tahun untuk orang-orang miskin.

Meskipun Asy-Syabaab tidak lagi menguasai Mogadishu sepenuhnya setelah adanya pasukan “penjaga perdamaian” Afrika dan tentara Somalia, kelompok jihad ini terus menargetkan pejabat boneka pemerintah dan tentara asing yang dikerahkan di kota itu.

(banan/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.