Berita Dunia Islam Terdepan

10 orang meninggal karena kelaparan di Suriah

6

DAMASKUS (Arrahmah.com) – Sepuluh warga Suriah, termasuk delapan anak-anak meninggal karena kelaparan akibat blokade rezim Assad di sebuah desa dekat ibukota Suriah Damaskus, sebagaimana dilansir oleh World Bulletin, Senin (15/12/2014).

Komisi Umum Revolusi Suriah mengatakan bahwa kematian tersebut terjadi pada bulan Desember di desa Arbin Ghouta, yang berjarak sekitar lima mil (delapan kilometer) dari Damaskus.

Diduga blokade yang dikenakan oleh pasukan Assad mencegah masuknya pasokan medis dan bantuan kemanusiaan ke daerah tersebut. Situasi itu semakin hari menjadi semakin buruk, terutama dengan banyaknya penyakit baru yang mulai muncul di desa tersebut, kata komisi itu.

Sekitar 216 orang, termasuk 150 anak-anak meninggal karena kelaparan di bawah pengepungan di wilayah Ghouta dalam dua tahun terakhir, tambahnya.

Komisi Revolusi Suriah menyerukan bantuan kemanusiaan yang mendesak bagi para korban di daerah tersebut.

Lebih dari 190.000 orang telah tewas di Suriah sejak konflik dimulai, menurut hitungan PBB yang diterbitkan pada Agustus lalu.

Amnesty International memperkirakan bahwa lebih dari 10 juta orang telah dipaksa keluar dari rumah mereka; dan setidaknya empat juta dari mereka telah menjadi pengungsi, terutama di Turki, Lebanon, Yordania, Irak dan Mesir.

(ameera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...