Berita Dunia Islam Terdepan

Mimpi Muslim Albania untuk miliki masjid di Tirana terkabul

21

TIRANA (Arrahmah.com) – Sebuah masjid baru yang telah ditunggu lama oleh Muslim Albania akan segera dibangun di Tirana, ibukota negara itu, setelah pemerintah memberikan izin pembangunan masjid yang telah diajukan sejak tahun 1990-an.

“Ini adalah proyek gabungan yang dijalankan dengan bekerja sama dengan Direktorat Urusan Agama Turki,” kata Skender Burcaj, ketua Komunitas Muslim Albania, kepada Anadolu Agency (AA) pada Senin (1/12/2014), seperti dilansir OnIslam.

Menurut laporan, izin pembangunan masjid baru itu telah menunggu sejak tahun 1990-an. Masjid ini akan segera dibangun setelah mendapat izin dari Perdana Menteri Albania Edi Rama pada pekan lalu.

Menurut Brucaj, Direktorat Urusan Agama Turki akan mengirimkan dukungan finansial untuk pembangunan itu.

Rencana pembangunan masjid baru yang akan dibangun di dekat gedung parlemen itu telah diumumkan pada awal tahun 1990-an.

Namun, masjid itu belum juga dibangun karena hambatan hukum dan finansial.

Masjid besar di negara mayoritas Muslim itu akhirnya akan dibangun, setelah masyarakat Katolik Roma dan Ortodoks telah membangun gereja-gereja mereka di tahun-tahun sebelumnya.

Menurut BBC, sekitar 60% dari penduduk Albania adalah Muslim, sementara Katolik Roma mencapai sekitar 10%. Negara ini juga memiliki populasi Kristen Ortodoks di bawah 10%. (siraaj/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...