Video pelatihan Mujahidin Taliban dan perencanaan serangan syahid terhadap pangkalan udara Shorab di Helmand

50

AFGHANISTAN (Arrahmah.com) – Sebuah video pelatihan dan perencaan serangan syahid Mujahidin Imarah Islam Afghanistan (IIA), atau yang juga dikenal sebagai Taliban, telah tersebar di internet. Mujahidin Taliban saat ini tengah melancarkan serangan terhadap pangkalan udara Shorab di provinsi Helmand, yang dikenal sebagai Kamp Bastion di provinsi Helmand.

Kamp Bastion merupakan pusat bagi pasukan penjajah Inggris di Afghanistan sampai tempat itu diserahkan kepada pasukan boneka Afghanistan pada tanggal 26 Oktober lalu. Pertempuran di kamp ini dimulai pada Sabtu (27/11/2014) dan pada saat berita ini dirilis, pertempuran tersebut dikabarkan masih berlangsung.

Serangan ini dilancarkan oleh pasukan mujahidin pencari syahid dari IIA yang dipersenjatai senjata berat dan ringan. Mereka berhasil menyusup di dalam perimeter pangkalan dan terlibat dalam pertempuran jarak dekat melawan pasukan musuh pada Kamis (28/11) sekitar pukul 20:00.

Kelompok pasukan pencari syahid mengabarkan bahwa mereka berhasil mencapai area parkir musuh di mana mereka sejauh ini telah membakar sekitar 200 kendaraan dan APC serta menembak sejumlah pesawat dan meledakkan depot BBM milik musuh. Selain itu, mereka juga telah merambah ke barak musuh, membakar beberapa bangunan kayu dan menewaskan sekitar 280 personel musuh, lapor Shahamat.

Dalam video berdurasi 8 menit 27 detik ini, terlihat gambar-gambar para syuhada yang melancarkan operasi tersebut serta 10 pejuang dalam pelatihan. Pada akhir video, terlihat mujahidin yang berkumpul dalam pengarahan tentang rencana serangan mereka, lansir LWJ.

Sementara video ini belum dirilis pada saluran resmi Taliban seperti Voice of Jihad, Zabibullah Muhajid, salah seorang juru bicara resmi Taliban, menulis sebuah artikel tentang serangan yang termasuk terlihat dalam video itu. Zabihullah juga menyampaikan link menuju sebuah segmen video yang ditampilkan di Facebook; cuplikan video itu dirilis Al Emara, lengan distribusi media resmi Taliban.

Sebelumnya, Voice of Jihad telah offline sepanjang hari dan pembaca diarahkan ke “sebuah napshot situs,” item yang paling baru adalah artikel Zabihullah tanggal 26 November yang dirilis pada sebuah situs Voice of Jihad alternatif.

Selain itu, video ini sangat mirip dengan video yang dirilis pada akhir September 2012 lalu yang juga menunjukkan pelatihan pejuang Taliban untuk menyerang Kamp Bastion sebelumnya. Dalam rilis itu, para pejuang Taliban menjalankan pelatihan untuk menghadapi serangan tersebut dan pada akhirnya diberikan arahan tentang bagaimana melaksanakan operasi melalui peta pangkalan yang digambar di sebuah papan.

Video penuh dari serangan terbaru ini diupload oleh Mehsud Media. Mehsud Media ini telah memulai sebuah akun Youtube dua bulan yang lalu, dan telah mengunggah 14 video tentang topik-topik seperti Daulah Islam, Boko Haram, dan operasi militer Pakistan.

(banan/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.