Makanan dan minuman yang bisa memutihkan gigi

39

(Arrahmah.com) – Katanya kopi hitam, anggur merah dan buah beri berwarna gelap bisa mengusamkan warna gigi. Tetapi makanan ada juga yang bisa memutihkan gigi secara alamiah. Berikut ini daftar akanan dan minuman pemutih gigi yang sajikan di majalah Redbook.

1. Stroberi

Warnanya memang merah. Tetapi komponen terbesar buah ini, yaitu asam malat (malic acid), berfungsi sebagai bahan alamiah yang memutihkan gigi, demikian dikatakan Dr. Irwin Smigel, kepala American Society for Dental Aesthetics (Ikatan Estetika Gigi AS).

2. Kacang-Kacangan

Mengunyah makanan yang keras ini ibaratnya mengikir plak dan bercak pada permukaan gigi, kata Dr. Matthew Messina, juru bicara American Dental Association. Jika orang memakan beberapa almond sebagai makanan kecil sore hari, tentu berguna. Karena kacang-kacangan mengandung lemak yang sehat bagi tubuh dan zat berguna lainnya.

3. Bawang Bombai

Ternyata bawang bombai juga baik untuk gigi, karena memiliki kandungan anti mikroba dan anti septik. Lagipula bawang bombai tidak berwarna sehingga tidak meninggalkan bercak pada permukaan gigi.

4. Apel

Bunyi yang terdengar jika orang menggigit apel mungkin mengganggu, tapi itu juga bagus bagi kesehatan gigi. Sifat daging apel yang garing ibaratnya latihan memperkuat gusi. Selain itu, kandungan air dalam apel yan berjumlah besar menambah produksi air liur, juga membunuh atau menetralisir bakteri pada mulut yang menyebabkan bau mulut dan plak. Demikian Dr. Irwin Smigel.

5. Wortel

Khasiat wortel bagi gigi serupa seperti khasiat apel. Jumlah zat cair pada wortel menjadikan sayur ini baik bagi kelangsingan tubuh dan kesehatan. Wortel juga baik untuk menstimulasi pembentukan air liur. Ini membantu dalam menghilangkan sisa makanan yang tersangkut pada gigi, dan menguatkan gusi. Dijelaskan Smigel.

6. Brokoli

Brokoli berkhasiat bagi tubuh seperti halnya bit dan cranberry. Bedanya, sayur ini tidak menyebabkan bercak warna pada gigi, kata Dr. Matthew Messina. Misalnya jika orang memakan brokoli di siang hari, sayur ini akan menggosok permukaan gigi, seperti halnya jika orang menyikat gigi di siang hari.

7. Keju

Keju keras, seperti yang bisa diperoleh di restoran-restoran Jerman sebagai makanan pembuka, penuh dengan kandungan kalsium. Elemen kimia ini memperkuat gigi dan gusi, dijelaskan Smigel. Selain itu, keju hampir semuanya tanpa warna, jadi tidak akan meninggalkan bercak pada gigi. Jadi kalau ada kesempatan, coba keju-keju itu.

8. Jeruk

Buah ini mengandung asam yang bisa hilangkan bercak pada gigi, jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Ini membuat gigi tambah putih, tetapi ada ruginya juga, jelas Messina. Jika terlalu banyak, bisa merusak permukaan gigi. Makan jeruk terlalu banyak hanya untuk mendapat gigi putih tidak disarankan. Jadi makan secukupnya. Selain bagus untuk gigi, vitamin C pada jeruk juga banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

9. Air Putih

Minum air putih dalam jumlah besar menjaga kelembaban mulut dan senyum yang cerah. Demikian saran Smigel. Ia menganjurkan minum air sekali-sekali jika sedang minum anggur merah atau jika sedang makan makanan berwarna gelap, untuk mencegah bercak pada gigi. Namun demikian, Dr. Smigel menganjurkan untuk tidak minum terlalu banyak air yang mengandung soda karena bisa merusak lapisan gigi.

10. Susu

Susu berkhasiat sangat baik bagi gigi. Kandungan kalsium yang tinggi menguatkan gigi, membuat lapisan gigi tambah kuat dan putih, kata Messina. Tapi tidak semua makanan yang mengandung kalsium dalam jumlah tinggi, misalnya bayam, punya efek sama. Karena zat warna yang dikandung bayam menyebabkan perubahan warna pada lapisan gigi.

Sumber: http://www.dw.de/

(ameera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.