Berita Dunia Islam Terdepan

Innalillahi wainna ilaihi raaji’uun, pembuat Kiswah Ka’bah meninggal dunia

11

MEKKAH (Arrahmah.com) – Mekah tengah berduka. Tokoh penjahit kiswah (kelambu) Ka’bah, Syaikh Rajab Al-Asmani Al-Maliki, dikabarkan Sky News Arabic, telah meninggal dunia, di rumah sakit Riyadh pada Senin (24/11/2014). Innalillahi wainna ilaihi raaji’uun.

Syaikh Rajab sudah mulai menjahit kiswah Ka’bah sejak 40 tahun yang lalu. Pekerjaan mulianya selama ini ia tekuni dengan penuh keikhlasan, maka tak heran jika beliau sudah mengenal betul seluk-beluk menjahit kiswah.

Kiswah merupakan salah satu bentuk memuliakan dan menghormati Ka’bah. Nilai historis pembuatan kiswah tak kalah berharga dengan sejarah Ummat Islam. Sejarah mencatat, para penjahit besar dunia Islam yang mempunyai rasa seni kaligrafi tinggi bahkan saling bersaing untuk bisa berkesempatan menjahit kiswah.

Kiswah terbuat dari kain hitam bertuliskan kaligrafi berwarna emas yang berisi ayat-ayat Al-Quran. Setiap setahun sekali, kiswah Ka’bah ditukar dengan yang baru. Prosesi penukaran biasanya dilaksanakan ketika jamaah haji sedang berada di Mina, saat kota Mekah sepi peziarah. Subhanallah. (adibahasan/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...