Berita Dunia Islam Terdepan

Fakta mengejutkan manfaat buah semangka bagi kesehatan

semangka
37

(Arrahmah.com) – Semangka adalah buah musim panas yang dengan mudah bisa dijumpai di negara mana pun. Selain harganya sangat terjangkau, rasa manis dan menyegarkan membuat buah ini disukai banyak orang. Berikut, fakta mengejutkan manfaat semangka bagi kesehatan.

1. Meningkatkan kekuatan otak

Semangka memiliki sumber vitamin B6 terbaik, yang dibutuhkan otak untuk tetap berfungsi dengan baik. Jenis air yang dikandung semangka juga mirip dengan cairan dalam otak. Maka mengkonsumsi semangka diyakini bisa meningkatkan kekuatan otak.

2. Memenuhi Kebutuhan Tubuh terhadap Cairan

Diantara jenis buah-buahan, semangka mengandung air yang paling tinggi. Menurut USDA, satu butir semangka mengandung 91,5 persen air sehingga semangka bisa membantu tubuh tidak kekurangan cairan sepanjang hari. Makan atau minum jus semangka setiap hari adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga tercukupinya kebutuhan cairan tubuh selama musim panas.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Segelas Jus semangka, mengandung 1,5 kali lycopene yang lebih banyak dari satu tomat besar. Lycopene adalah antioksidan kuat yang bermanfaat untuk menangkis radikal bebas yang bisa menyebabkan kerusakan sel. Tak hanya itu, lycopene juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Antioksidan yang terkandung dalam semangka juga terbukti mampu menurunkan risiko kanker.

4. Baik Untuk Kesehatan Mata

Semangka juga mengandung vitamin A, yang bagus untuk kesehatan mata. Mengkonsumsi sekitar 100 gram semangka secara rutin bisa meningkatkan kekuatan pandangan mata dan melindunginya dari berbagai infeksi.

5. Mengurangi Nyeri Otot

Sejumlah penelitian menemukan jus semangka bisa membantu mengurangi nyeri otot setelah berolahraga. Itu karena semangka mengandung citruline yang sangat tinggi sehingga bisa meningkatkan fungsi arteri dan mengurangi tekanan darah. Jadi, jika Anda mendadak nyeri otot, tak ada salahnya mengatasinya dengan minum jus semangka.

6. Mengurangi Berat Badan.

Ini kabar baik bagi mereka yang sedang diet. Semangka rendah kalori dan tinggi kandungan airnya sehingga bisa membantu menurunkan berat badan.

7. Melindungi dari Sinar UV

Lycopene dalam semangka mengandung pigmen karotenoid sehingga bisa melindungi tubuh dari sengatan sinar UV, kulit terbakar hingga kanker kulit. Jangan ragu untuk memasukkan semangka dalam daftar makanan sehat yang wajib dikonsumsi.

Sumber: http://www.dw.de/

(ameera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...