Berita Dunia Islam Terdepan

Pejuang Boko Haram kuasai kota Chibok di timur laut Nigeria

Pejuang Boko Haram yang berupaya mendirikan negara Islam di Nigeria. (Foto : BBC)
3

CHIBOK (Arrahmah.com) – Pejuang Boko Haram telah berhasil menguasai kota Chibok yang terletak di timur laut Nigeria, dimana mereka pernah menawan 200 lebih perempuan pada bulan April lalu.

Boko Haram menyerang dan menguasai kota pada Kamis (13/11/2014) malam, ujar kesaksian warga kepada BBC.

Desa-desa di sekitar Chibok telah ditargetkan selama beberapa bulan terakhir. Kelompok bersenjata ini menyatakan bahwa mereka berperang untuk mendirikan negara Islam di Nigeria dan menggulingkan pemerintahan saat ini.

“Chibok telah dikuasai oleh Boko Haram. Mereka mengontrolnya saat ini,” ujar seorang pastor, Enoch Mark seperti dilaporkan AFP pada Jum’at (14/11).

Seorang senator untuk negara bagian Borno, Ali Ndume mengatakan kepada BBC bahwa pasukan keamanan yang ditempatkan di Chibok, sebuah kota kecil dengan mayoritas penduduk beragama Kristen, telah melarikan diri ketika Boko Haram menyerang.

Warga mengatakan kepada situs berita Sahara bahwa “militan” menuju ke pusat Chibok dan menyatakan bahwa mereka mengambil alih kota tersebut sebagai bagian dari kekhilafahan mereka.

Musa Ali, seorang warga mengatakan bahwa jumlah pejuang Boko Haram begitu banyak.

“Anda tidak bisa menghitungnya karena ada begitu banyak,” ujarnya.

“Semua keamanan dan tentara, mereka melarikan diri dan meninggalkan kami sendirian. Mereka tidak melepaskan tembakan, mereka hanya berlari. Semua amunisi kami telah habis, sehingga tidak ada cara untuk mempertahankan daerah.”

Wartawan BBC yang melaporkan dari Nigeria mengatakan bahwa militer telah berulang kali gagal untuk mempertahankan kota- kota dan desa-desa di timur laut Nigeria dan memungkinkan Boko haram untuk terus memperluas wilayahnya. (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...