Berita Dunia Islam Terdepan

Video 10 jam berjalan di jalanan New York: wanita vs. Muslimah “aman” mana?

2

NEW YORK (Arrahmah.com) – Sebelumnya netizen barat heboh dengan publikasi Just Kidding News (JKN) yang melansir video pendek yang mendokumentasikan pelecehan terhadap seorang wanita yang berjalan selama 10 jam di kota New York pada Youtube awal November lalu. Kini publik diajak berpikir kritis dengan video Youtube “lanjutan” serupa oleh Are We Famous Now (AWFN) pada Kamis (6/11/2014).

Kali ini, wanita dalam video AWFN di atas berjalan dengan 2 macam busana, dengan durasi waktu masing-masing 5 jam. Aktor wanita berbusana kasual tanpa hijab pada 5 jam pertama, kemudian ia berhijab sederhana pada 5 jam berikutnya.

Reaksi dari para pria yang ada di pinggiran jalan New York ternyata luar biasa berbeda. Ketika sang wanita tidak mengenakan hijab, kontan para pria menyapa dengan sedikit menggoda disertai nada melecehkan. Sementara, saat berhijab, sang aktris dapat berjalan santai tanpa ada perasaan jengah seperti ketika dijahili para pria sepanjang ia tidak berhijab. Allahu akbar.

Kepada pemirsa, pembuat film berdurasi 4 menit ini mengatakan bahwa:

“Saya sangat percaya perempuan memiliki hak untuk berpakaian dengan cara yang mereka inginkan. Dan [saya juga] percaya bahwa para pria memainkan peran utama, [agar] mereka tidak harus berbicara dengan cara yang menjijikkan dan harus menundukkan pandangan mereka. Video ini bukanlah sebuah survei atau representasi akurat dan tidak boleh dianggap seperti itu. Video ini dilakukan sebagai percobaan dan ini adalah hasil tanpa rekayasa atau mengedit disertai tipuan [kamera]. [Adapun] footage yang tertinggal karena waktu, tidak mengubah hasil yang diwakili dalam video ini. Video ini dibuat untuk menghormati wanita apapun yang mereka pakai dengan cara apapun. Silahkan berbagi. – Karim Metwaly”

Maasyaa Allah, semoga video ini menjadi media dakwah kaum Muslimin di New York. Melalui tayangan tersebut, pesan bahwa hijab hadir sebagai “pengaman” kaum wanita dapat dipahami dan menjadi jalan kaum hawa beroleh hidayah. Insyaa Allah. (adibahasan/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...