Berita Dunia Islam Terdepan

Aceh for Syam: ayo bantu saudara kita, korban banjir di Aceh

banjir dan longsor, dampak hujan deras berkelanjutan di aceh
6

ACEH (Arrahmah.com) – Subhanallah, tingginya curah hujan kian mengancam beberapa daerah di Nangroe Aceh Darussalaam. Telah satu minggu Aceh mengalami bencana banjir dan tanah longsor. Guna membantu para saudara kita di Aceh, Lembaga Kemanusiaan Aceh for Syam mengajak kaum Muslimin Indonesia untuk turut meringankan derita korban bencana banjir, sebagaimana dilansir Muqawamah Media pada Senin (10/11/2014).

بسم الله الرحمن الرحيم

Segala puji hanya milik Allah a’zza wa jalla, Shalawat dan Salam semoga selalu tercurahkan kepada Nabi Allah yang terakhir, para Sahabat dan keluarga beliau dan seluruh pengikut dan pembela sunnah beliau hingga hari akhir kelak.

Amma ba’du,

Kaum muslimin sekalian yang Allah muliakan, masih hangat di ingatan kita sekitar 1 minggu yang lalu media masa tanah air ramai memberitakan peristiwa musibah banjir serta longsor yang menimpa saudara-saudara kita kaum muslimin di Bumi Serambi Mekkah. Banjir dahsyat ini telah menyebabkan kerugian materil dan non-materil yang sangat berarti bagi saudara-saudara kita yang terkena dampak langsung dari banjir di beberapa kabupaten di Aceh.

Hilangnya nyawa orang-orang terdekat dan kerusakan infrastruktur seperti rumah dan masjid serta mushalla adalah dampak yang paling terasa bagi para korban yang sekarang mengungsi di camp-camp darurat. Berikut adalah data daerah terkena musibah yang telah berhasil kami himpun sejauh ini:

  1. Aceh Jaya, Banjir telah menenggelamkan beberapa desa padat penduduk diantaranya: Teunom, Lhokseudo dan Ligan. Kondisi masih terendam.
  2. Aceh Barat Daya (Abdya), Banjir telah menenggelamkan Kecamatan Manggeng, Kecamatan Lemah sabil dan Kecamatan Babahrot. Kondisi di beberapa kecematan Alhamdulillah telah berangsur membaik dan sebagian warga telah kembali ke rumah masing-masing. Namun kerusakan yang diakibatkan oleh banjir cukup parah.
  3. Nagan Raya, Dari 10 Kecamatan di Kabupaten Nagan Raya hanya 2 kecamatan saja yang tidak kebanjiran. Ketinggian air di Jeuram masih berkisar 1-2 meter. Kaum muslimin masih banyak yang mengungsi di Alue Rumpun, Tadu Raya, Kuala Tripa dan Langkak. Kondisi desa-desa ini masih terendam.
  4. Singkil, Kota Aceh Singkil dan Gunung Meriah masih terendam air.
  5. Aceh Barat
  6. Aceh Besar

Beberapa ruas jalan yang sejak satu minggu ini putus total, beberapa hari yang lalu telah mulai bisa diakses kembali. Lintas Lamno yang amblas Alhamdulillah telah bisa dilalui kembali dengan system buka-tutup.

Demikian keadaan terkini saudara-saudara kita kaum muslimin di Bumi Serambi Mekkah. Jikapun air telah surut dan hujan badai telah reda, namun kerusakan dan kerugian yang dialami oleh saudara-saudara kita disana adalah tanggung jawab kita bersama sebagai Ummat tauhid yang bersaudara untuk membantu merigankan beban meraka.

Rasulullah shalallahu ‘alayhi wasallam mengingatkan kita tentang nilai persaudaran orang-orang yang beriman dalam haditsnya:

“Perumpamaan orang-orang yang beriman kepada Allah dalam cinta mencintai, sayang menyayangi dan bahu membahu adalah seperti satu tubuh. Jika salah satu anggota tubuhnya sakit, maka seluruh anggota tubuhnya yang lain ikut sakit juga, dengan tidak bisa tidur dan demam”. (HR Bukhari dan Muslim)

Kami Lembaga Bantuan Kemanusiaan ACEH For SYAM, menerima bantuan baik infak dan sedekah kaum muslimin di tanah air untuk kami salurkan kepada saudara-saudara kita kaum muslimin di Bumi Serambi Mekkah yang sedang ditimpa musibah banjir dan tanah longsor.

Donasi anda dapat disalurkan melalui :

Bank BRI : 003701012360538, a/n Lembaga Kemanusian Aceh For Syam.
Bank BNI : 800008908, a/n Lembaga Kemanusian Aceh For Syam.
Bank Mandiri : 1580002276756, a/n Lembaga Kemanusian Aceh For Syam.
Contact Person : 08116899777

Pin BB : 7F82312C

WhatsApp : 085270602070

Catatan: Harap berikan tambahan Rp.500,- dalam setiap donasi agar tidak tercampur dengan program lainnya. Misalnya besar donasi Rp.300.000,- maka yang harus ditransfer adalah Rp.300.500,-.

Atas kepedulian kaum muslimin sekalian kami dari Lembaga Kemanusiaan ACEH for SYAM mengucapkan : Jazakumullahu khairal jaza’.

logo Aceh for Syam
logo Aceh for Syam

(adibahasan/muqawamahmedia/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...