Berita Dunia Islam Terdepan

Mujahidin JN gempur gerombolan Oposisi Suriah dukungan AS

Mujahidin Jabhah Nushrah
5

IDLIB (Arrahmah.com) – Kelompok oposisi moderat dukungan Amerika di Suriah, Jamaal Maarouf dan Harakat Hazm, alhamdulillah berhasil ditaklukkan Mujahidin Jabhah Nushrah di Idlib. Kelompok Jamaal Maaarouf, oposisi yang juga dikenal sebagai Front Revolusioner Suriah (SRF) dukungan Barat itu akhirnya kocar-kacir saat digempur habis dari markas mereka di Provinsi Idlib, Selasa (28/10) lalu, demikian dilaporkan koresponden kami, Shakirullah dari Suriah untuk Jurnalis Islam Bersatu (JITU), Sabtu (1/11/2014).

SRF yang saat ini di Suriah dikenal sebagai opisisi sekuler, terdiri dari Jamaal Maarouf, Harakat Hazm dan Nurudin Janky, merupakan tiga geng oposisi moderat dukungan Barat. Setelah bertempur dengan Mujahidin Jabhah Nushrah mereka mengalami kekalahan telak.

Jamaal Maarouf
Jamaal Maarouf

Selain diusir dan tewas, sejumlah geng Jamaal Maarouf membelot dan bergabung dengan Jabhah Nushrah. Menurut kelompok pemantau yang bermarkas di Inggris, SOHR, seperti dikutip Antara, Sabtu (1/11/2014), ini merupakan pukulan telak bagi usaha-usaha Amerika Serikat untuk mewujudkan dan melatih satu pasukan oposisi moderat sebagai tandingan terhadap Mujahidin dan pasukan rezim Asad.

Jabhah Nushrah merebut Deir Sinbel dan menguasai sebagian besar kota lainnya serta desa-desa di daerah Jabal Zawiyah, sebagaimana dilaporkan koresponden JITU, Shakirullah, di Idlib, Sabtu (1/11/2014).

Jabhah Nushrah merebut senjata-senjata dan tank-tank SRF, dan beberapa anggota geng itu bersumpah setia pada Jabhah Nushrah, sementara yang lainnya cedera, kata SOHR, sebagaimana dikutip Antara.

Sebelumnya, lapor koresponden, terjadi pertempuran sejak Senin (27/10/2014) dan puncaknya Selasa (28/10/2014) di Jabal Zawiyah yang berakhir dengan kekalahan telak kelompok Jamaal Maarouf dukungan Amerika itu.

Kejadian berawal ketika salah seorang amir dan anggota maqor Jabhah Nushrah ditawan oleh kelompok Jamaal Maarouf. Akhirnya Mujahidin Jabhah Nushrah menyerbu mereka dan berakhir dengan kekalahan di pihak geng dukungan Barat itu.

Sementara kelompok dukungan Amerika lainnya seperti Harakat Hazm sudah terlebih dahulu minta damai dengan Jabhah Nushrah, demikian dilaporkan Shakirullah dari Suriah untuk JITU, Sabtu (1/11/2014). (azm/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...