Berita Dunia Islam Terdepan

Auction4Humanity lelang barang untuk misi kemanusiaan global

Anak-anak pengungsi di Suriah
2

JAKARTA (Arrahmah.com) – Sukses dengan program Ramadhan lalu, gerakan Auction4Syam yang dibidani oleh MD Community dan Hilal Ahmar Society Indonesia kini bertransformasi menjadi Auction4Humanity (25/08). Sebelumnya, Auction4Syam adalah gerakan yang melakukan lelang barang-barang layak jual selama bulan Ramadhan 1435 H lalu yang penyalurannya ditujukan untuk kemanusiaan di Suriah melalui Tim 12 HASI. Dengan adanya perubahan nama ini, Auction4Syam yang sebelumnya dimotori oleh MD Community kini menjadi lembaga independen yang fokus pada kemanusiaan global dengan brand Auction4Humanity.

Perubahan nama ini ditandai dengan serah terima Auction4Syam oleh MD Community kepada tim Auction4Humanity di Jakarta Selatan (27/08).

“Dengan adanya transformasi ini, Auction4Humanity memiliki misi kemanusiaan yang lebih luas secara global. Dimana ada isu kemanusiaan, di situlah kami akan bantu. Tidak terbatas hanya ke Suriah atau Gaza melainkan juga ke daerah lain yang saat ini banyak tertindas seperti di Rohingya, Afrika Tengah, Pattani, dan sebagainya,” Ujar Riyan, coordinator gerakan Auction4Humanity.

Auction4Humanity memiliki misi yang hampir sama dengan Auction4Syam. Mengusung misi kemanusiaan global, Gerakan ini tetap fokus pada usaha melelang barang-barang layak jual yang hasil lelangnya akan ditujukan kepada mereka yang tertindas di berbagai belahan dunia. Dengan adanya perubahan struktur dari Auction4Syam yang sebelumnya dimotori MD Community dan HASI, Auction4Humanity kini menjadi lembaga independen yang dalam penyaluran dananya akan bekerjasama dengan lembaga lain sesuai kebutuhan.

Selain itu, Auction4Humanity juga menjadi lembaga yang terbuka bagi siapa saja yang ingin bergabung menjadi relawan dalam misi kemanusiaan ini. Memiliki kegiatan berupa pengumpulan dan pelelangan barang layak jual dari masyarakat, saat ini sudah 26 orang relawan yang tergabung dalam gerakan Auction4Humanity.

Ai, salah seorang relawan Auction4Humanity menyampaikan, siapapun boleh ikut terlibat sebagai relawan dan aktivis di Auction4Humanity. Dirinya menyebutkan bahwa Auction4Humanity akan hadir dalam bentuk lelang barang via online/website, kegiatan off-air berupa bazaar barang layak jual, serta kajian rutin dwi mingguan.

“Siapapun boleh ikut aktif dalam gerakan ini, baik sebagai donatur maupun volunteer. Syaratnya adalah memiiliki kepedulian terhadap isu kemanusiaan global yang saat ini sedang mewabah. Kajian dwi mingguan akan terbuka untuk umum. Silahkan bergabung,” jelasnya.

Ke depannya nanti, lelang barang-barang akan dilkukan secara online melalui website www.auction4humanity.org. selain itu, lembaga ini juga dapat ditemui di jejaring sosial twitter dengan akun @A4H_ID. (azm/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...