Berita Dunia Islam Terdepan

Hamas nyatakan kemenangan, pemukim “Israel” yang tinggal di sekitar Gaza dapat kembali ke rumah mereka

3

GAZA (Arrahmah.com) – Beberapa saat setelah gencatan senjata Gaza mulai berlaku pada Selasa malam (26/8/2014), Hamas menyerukan kepada warga Gaza untuk turun ke jalan dan merayakan kemenangan dan pemenuhan tuntutan rakyat Palestina, sebagaimana dilansir oleh Ma’an News Agency.

Dalam sebuah konferensi pers di Rumah Sakit Syifa di Kota Gaza, juru bicara Hamas Sami Abu Zuhri mengatakan bahwa pemukim “Israel” yang tinggal di sekitar Gaza dapat kembali ke rumah mereka setelah perjanjian gencatan senjata mulai berlaku.

Hamas mengumumkan kemenangan dan mengucapkan selamat kepada rakyat Palestina dan bangsa Arab untuk kemenangan yang telah dicapai oleh kelompok perlawanan Palestina.

“Gerakan Hamas tidak akan meninggalkan rakyat Palestina setelah pertempuran ini berakhir.”

Sejumlah pria bersenjata melepaskan tembakan ke udara sebagai tanda perayaan kemenangan, dan rakyat Palestina berduyun-duyun turun ke jalan di wilayah Tepi Barat.”

Palestina telah mencapai kesepakatan gencatan senjata permanen dengan “Israel” di Jalur Gaza, kata seorang pejabat senior Mesir. Kesepakatan gencatan senjata itu meliputi dihentikannya agresi “Israel”, pengangkatan segera blokade atas Gaza, dan pelebaran zona perikanan di daerah kantong Palestina di Mediterania. Dengan tahap kedua yang akan dimulai bulan depan, “Israel” dan Palestina akan membahas pembangunan pelabuhan laut Gaza dan pelepasan para tahanan tahanan Hamas di wilayah Tepi Barat yang diduduki.

(ameera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...