Berita Dunia Islam Terdepan

Jerman meminta maaf kepada Qatar atas tuduhan mendanai ISIS

2

BERLIN (Arrahmah.com) – Jerman telah meminta maaf kepada Qatar atas pernyataan menteri Jerman yang menuduh Qatar mendanai ISIS di Irak, sebagaimana yang dilansir oleh MEMO, Sabtu (23/8/2014).

Seorang juru bicara kementerian luar negeri Jerman, Martin Schaffer, mengatakan bahwa Jerman mengaku menyesal ada pihak yang tersinggung dengan pernyataan menteri Jerman itu.

Gerd Mueller membuat komentar dalam sebuah wawancara dengan saluran ZDF, yang membahas tentang pendanaan ISIS di Irak: “Sebuah cerita seperti ini selalu memiliki sejarah … Siapa yang membiayai pasukan ini ? kata kuncinya adalah Qatar”.

Seorang juru bicara dari kementerian Mueller mengatakan bahwa penyataan menterinya itu mengacu pada laporan media dan belum membuat tuduhan langsung.

Schaffer menambahkan bahwa para pejabat Qatar telah bertemu dengan pejabat Kedutaan Besar Jerman di Doha untuk membahas tuduhan Mueller.

“Kami mengatakan kepada pemerintah Qatar, bahwa bagi pemerintah federal, Qatar adalah mitra kami, bahkan jika ada beberapa permasalahan di mana kami tidak selalu memiliki pendapat yang sama,” katanya pada konferensi pers.

Schaffer juga menekankan bahwa Qatar adalah “pemain regional utama” dan Jerman mempertahankan hubungan baik dan ramah dengan negara Teluk itu.

(ameera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...