Berita Dunia Islam Terdepan

Iran dilanda gempa dahsyat, 60 orang terluka

3

TEHERAN (Arrahmah.com) – Sebuah gempa bumi dahsyat melanda kota Abdanan Iran barat pada Senin (18/8/2014), menyebabkan 60 orang menderita luka-luka, kata kantor berita negara IRNA, sebagaimana dilansir oleh WorldBulletin.

IRNA mengatakan bahwa gempa itu berkekuatan 6.1, sementara US Geological Survey (USGS) mengatakan bahwa gempat di Iran barat itu berkekuatan 6.3.

Air, listrik, dan telepon di Abdanan, yang terletak di provinsi Ilam, terputus, kata IRNA. Tayangan televisi negara Iran menunjukkan bagiaman gempa itu menghancurkan rumah-rumah, bangunan dan mobil di kota Abdanan.

Gempa susulan itu bisa dirasakan di tiga provinsi termasuk Ilam, Lorestan dan Khuzestan, kata IRNA.

Gubernur Abdanan Majid Asgari mengatakan kepada IRNA pagi ini bahwa daerah pedesaan itu tampaknya menderita kerusakan berat akibat gempa yang dahsyat itu, dan beberapa desa hancur total.

Iran, yang dilintasi beberapa jalur patahan utama, rentan terhadap gempa bumi mematikan yang terjadi hampir setiap tahun. Menurut laporan resmi, gempa terburuk dan mematikan telah melanda Propinsi Kerman pada Desember 2003, menewaskan sedikitnya 31.000 orang.

Gempa pada kedalaman 6 mil (10 km) itu terjadi pukul 02:32 GMT, menurut USGS.

(ameera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...