Berita Dunia Islam Terdepan

Pendukung Palestina melarang kapal “Israel” berlabuh di pantai California

Logo untuk aksi protes memblokade kapal "Israel". (Foto : IMEMC)
3

CALIFORNIA (Arrahmah.com) – Kapal kargo “Israel”, Zim, berencana untuk berlabuh di pelabuhan Oakland pada Sabtu (16/8/2014) pagi. Namun para aktivis pendukung Palestina mengumumkan akan menghentikan kapal mana pun yang mencoba untuk memasuki dermaga, lapor IMEMC.

Para aktivis AS ini mengikuti jejak anggota serikat buruh di Afrika Selatan, yang berhasil memblokade kapal “Israel” saat ingin berlabuh pada beberapa kesempatan, sebagai bentuk protes terhadap agresi militer “Israel” di Jalur Gaza.

Aktivis di Oakland, California, berkumpul pada Sabtu untuk melakukan tindakan langsung untuk menghentikan kapal yang akan berlabuh di pelabuhan tersebut.

Tindakan itu berpotensi merugikan eksportir “Israel” jutaan dollar, jika barang-barang mereka tidak dapat mencapai pelabuhan. Produk yang berada di dalam kapal Zim tidak diketahui, tetapi mungkin termasuk Sodastream, perangkat yang diproduksi di sebuah pemukiman ilegal “Israel” di tanah Palestina yang diduduki, juga merek produk makanan Osem, beberapa di antaranya diproduksi dan dikemas di pemukiman ilegal “Israel” di Tepi Barat.

Dalam materi yang disampaikan para aktivis, mereka mengatakan : “Palestina memanggil kita untuk bertindak! Buruh Palestina dan Federasi Umum Serikat Pekerja Palestina telah meminta pekerja di seluruh dunia untuk menolak untuk menangani barang-barang ‘Israel’.”

Mereka mengaakan bahwa memblokade kapal “ISrael” merupakan tindakan dalam menanggapi seruan oleh Federasi Umum Serikat Pekerja Palestina.

Para pengunjuk rasa menyerukan untuk berakhirnya pengepungan “Israel” di Jalur Gaza dan mengakhiri pendudukan “Israel” atas tanah Palestina. (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...