Berita Dunia Islam Terdepan

Densus88 tangkap Abu Fida di Surabaya

Abu Fida aka Ustadz Saifuddin Umar
10

SURABAYA (Arrahmah.com) – Densus88 Mabes Polri menangkap Muhammad Saifuddin Umar alias Abu Fida, Kamis (14/8 2014) jam 07.32 Wib, tepat di depan sekolah Hidayatulloh di Jl. Kejawan, Surabaya .

Polisi menyebut Saifuddin diduga terkait jaringan Poso, penampungan DPO, dan merupakan tokoh ISIS yang dituakan di Jawa Timur, serta mengkoordinir orang yang akan berangkat ke Suriah.

“Tersangka terlibat dalam sejumlah kasus,” ujar Karopensmas Polri Brigjen Boy Rafli Amar, tulis Detik.com.

Ada sedikitnya enam dugaan tindak pidana terorisme yang dilakukan Saifuddin. Dua di antaranya terkait ISIS.

“Tersangka adalah tokoh ISIS yang dituakan di Jatim, berperan sebagai pembicara dalam deklarasi ISIS di Solo, Surabaya dan Malang bersama dengan tersangka Afif Abdul Majid,” kata Boy.

“Tersangka juga terlibat perekrutan jaringan dari kalangan mahasiswa perguruan tinggi di Surabaya untuk aktif dalam kegiatan penggalangan dana Suriah dalam rangka mendukung ISIS,” sambungnya.

Sedangkan empat dugaan tindak pidana lainnya, kata polisi Saifuddin diduga menyembunyikan DPO teroris dr Azhari dan Nurdin M Top pada 2002. Tersangka juga menyembunyikan DPO M Hidayah pada tahun 2012, serta mengetahui perencanaan bom bunuh diri di Mapolres Poso pada Juni 2013.

“Tersangka menampung jaringan teroris Santoso, antara lain, Galih Aji Satria alias Mbah Marijan, dan Arif Budi Setiawan, Guntur amuntai dan Kardi,” ujar Boy. (azm/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...