Berita Dunia Islam Terdepan

Hanya 36% warga “Israel” yang percaya bahwa “Israel” memenangkan pertempuran di Gaza

7

TEL AVIV (Arrahmah.com) – Dalam jajak pendapat publik “Israel” yang terbaru menunjukkan bahwa hanya 36% dari warga “Israel” yang percaya bahwa “Israel” memenangkan perang di Gaza, sementara 51% berpikir bahwa tidak ada pihak yang memenangkan konflik ini.

Menurut jajak pendapat, yang dilakukan oleh al-Hewar Center dalam mendukung surat kabar ibrani Haaretz, pada Selasa (5/8/2014) yang menandai hari pertama gencatan senjata, hanya 26% dari orang-orang “Israel” yang percaya bahwa tujuan perang yang dinyatakan oleh Benjamin Netanyahu dan Menteri Moshe Yaalon, terutama penghancuran terowongan dan menghancurkan Hamas, telah dicapai sepenuhnya.

Sebanyak 56% dari “Israel” mengatakan bahwa tujuan tersebut telah dicapai sebagian, dengan lebih dari 13% dari peserta jajak pendapat percaya bahwa tidak ada tujuan perang yang telah dicapai dan 5% mengatakan bahwa mereka tidak tahu.

Jajak pendapat ini juga menemukan bahwa 53% dari warga “Israel” mendukung Presiden Palestina Mahmoud Abbas dan melanjutkan negosiasi. Di sisi lain, 37% menyatakan keengganan mereka untuk melakukannya, dan 5% mengatakan mereka tidak tahu.

Para pengamat memperkirakan bahwa jajak pendapat ini tidak akan akurat pada tahap ini, terutama jika “Israel” setuju dengan tuntutan kelompok perlawanan dalam negosiasi yang sedang berlangsung di Kairo, hal yang secara signifikan dapat mengurangi proporsi yang mewakili mereka yang percaya bahwa “Israel” telah menang.

(ameera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...