Berita Dunia Islam Terdepan

Spanyol embargo penjualan senjata kepada “Israel”

10

MADRID (Arrahmah.com) – Spanyol telah membekukan semua penjualan senjata dan teknologi kepadaIsrael” sebagai bentuk protes terhadap perang brutal yang berkelanjutan terhadap Jalur Gaza dan pembunuhan ribuan warga sipil Palestina, surat kabar El Pais mengungkapkan, sebagaimana dilansir oleh MEMO, Selasa (5/8/2014).

Surat kabar itu menggambarkan keputusan ini sebagai murni politik” dan dibuat minggu lalu oleh sebuah komite yang terdiri dari kementerian presiden, kementerian keuangan, kementerian ekonomi, kementerian luar negeri dan pertahanan.

Spanyol dilaporkan telah menjual hampir € 5.000.000 dalam penjualan senjata ke “Israel” tahun lalu.

Keputusan Spanyol datang beberapa jam setelah Inggris mengumumkan untuk meninjau kembali izin untuk mengekspor senjata dan teknologi militer kepada “Israel”.

Seorang juru bicara untuk pemerintah Inggris mengatakan bahwa Inggris sedang meninjau semua izin ekspor senjata kepadaIsraelkarena konflik yang meningkat antara “Israel” dan Hamas di Jalur Gaza. Saat ini kami sedang meninjau semua izin ekspor ke “Israel” untuk memastikan bahwa izin-izin itu sesuai,” katanya.

Namun, menteri-menteri yang lain mengatakan bahwa mereka tidak akan secara seketika menghentikan pemberian izin ekspor peralatan militer keIsrael” karena mereka percaya bahwa negara itu memiliki hak sah untuk membela diri“.

(ameera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...