Berita Dunia Islam Terdepan

Masjid tua zaman pembantaian Srebrenica kembali dibuka

3

SEBRENICA (Arrahmah.com) – Rakyat Muslim Bosnia bergembira dengan dibukanya kembali masjid tua yang telah berumur berabad-abad yang telah dihancurkan oleh pasukan Serbia 19 tahun yang lalu dalam pembantaian ribuan Muslim Srebrenica, menurut laporan Anadolu Agency.

Masjid Dalye Hosta dibuka kembali setelah dua dekade pembantaian Srebrenica berlalu.

Bosnia mengalami perang pada 1992 karena pasukan Serbia melancarkan pembersihan etnis terhadap Muslim Bosnia. Perang itu meninggalkan sekitar 200.000 orang meninggal dunia dan jutaan orang mengungsi.

Selama perang yang berlangsung 43 bulan itu, hampir dua juta orang melarikan diri dari rumah mereka dan sekitar 8.000 Muslim termasuk anak-anak meninggal dunia.

Pemimpin pasukan Serbia kala itu adalah Radovn Karadzic dan panglima mililternya Ratko Mladic, kedua orang tersebut dianggap paling bertanggung jawab atas pembantaian umat Islam Srebrenica, keduanya telah menghadapi pengadilan atas tuduhan pembantaian di hadapan pengadilan kejahatan perang PBB. Sementara tokoh utama pembantaian lainnya telah mati atau dihukum karena kejahatan perang. (siraaj/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...