Allahu akbar, mujahidin tewaskan komandan militer milisi Syiah "Hizbu Iran" di Qalamoun

9

QALAMOUN (Arrahmah.com) – Mujahidin Jabhah Nushrah, Jabhah Islamiyah, Ittihad Islami li-Ajnad Asy-Syam dan beberapa kesatuan jihad lokal lainnya memberikan pukulan mematikan terhadap milisi Syiah “Hizbu Iran” Lebanon di distrik Qalamoun, propinsi pinggiran Damaskus.

Selama sepekan terakhir mujahidin Jabhah Nushrah dan beberapa kelompok jihad lokal lainnya menimpakan kerugian jiwa dan materi yang sangat besar pada barisan milisi Syiah “Hizbu Iran Lebanon”. Mujahidin Jabhah Nushrah selama dua hari berturut-turut membombardir markas milisi Syiah “Hizbu Iran” Lebanon di wilayah Barital dengan roket-roket Grad.

 

Mujahidin Jabhah Nushrah menyerang markas milisi Syiah "Hizbu Iran" Lebanon di wilayah Barital, Lebanon utara pada hari Kamis, 10 Juli 2014 dengan roket-roket Grad
Mujahidin Jabhah Nushrah menyerang markas milisi Syiah “Hizbu Iran” Lebanon di wilayah Barital, Lebanon utara pada hari Kamis, 10 Juli 2014 dengan roket-roket Grad

 

Mujahidin jabhah Nushrah menyerang markas milisi Syiah "Hizbu Iran" Lebanon di wilayah Barital, Lebanon utara pada hari Kamis, 10 Juli 2014 dengan roket-roket Grad
Mujahidin jabhah Nushrah menyerang markas milisi Syiah “Hizbu Iran” Lebanon di wilayah Barital, Lebanon utara pada hari Jum’at, 11 Juli 2014 dengan roket-roket Grad

Pada hari Selasa (15/7/2014) operasi gabungan mujahidin Jabhah Jabhah Islamiyah, Ittihad Islami li-Ajnad Asy-Syam dan beberapa kesatuan jihad lokal berhasil menewaskan komandan militer senior milisi Syiah “Hizbu Iran” Lebanon, Mohammad Bassam Thabahah, dalam pertempuran di pegunungan Qalamoun, Marshad Al-Jihad Al-Alami melaporkan.

Milisi Syiah “Hizbu lran” Lebanon pada hari Senin (14/7/2014) melakukan serangan penyusupan dari arah Nihlah, wilayah Lebanon menuju wilayah pegunungan Qalamoun. Namun mujahidin Jabhah Nushrah, Jabhah Islamiyah dan Ittihad Islami li-Ajnad Asy-Syam telah siap siaga dalam ibadah ribath mereka di pegunungan Qalamoun.

Mujahidin Jabhah Nushrah melakukan ribath di wilayah pegunungan Qalamoun
Mujahidin Jabhah Nushrah melakukan ribath di wilayah pegunungan Qalamoun

Pertempuran sengit antara kedua belah pihak pun tak bisa dihindarkan. Baku tembak tersebut berlangsung selama dua hari yang berakhir dengan tewasnya komandan militer milisi Syiah dan beberapa anggota pasukannya. Sisa-sisa milisi Syiah “Hizbu Iran” mencoba melarikan diri, namun mujahidin memburu dan menembaki mereka sehingga belasan anggota mereka tewas dan cedera.

Al-Jazeera, Al-Arabiya, Al-Watan News dan media-media Timur Tengah lainnya mengutip dari sumber-sumber yang dekat dengan milisi Syiah “Hizbu Iran” Lebanon, yang membenarkan bahwa komandan operasi militer milisi Syiah “Hizbul Iran” di distrik Qalamoun, Mohammad Bassam Thabahah, tewas dalam pertempuran di wilayah Qalamoun, propinsi pinggiran Damaskus, yang berbatasan dengan Lebanon.

Mohammad Bassam Thabahah terhitung salah satu komandan militer paling menonjol bagi milisi Syiah “Hizbu Iran” Lebanon yang berperang di Suriah. Thabahah memimpin operasi-operasi militer milisi Syiah “Hizbu Iran” di distrik Qalamoun dan sekitarnya.

Al-Arabiya juga mengutip dari sumber dalam milisi Syiah Lebanon tersebut bahwa serangan mujahidin Suriah terhadap markas milisi Syiah tersebut di wilayah Jarud Arsal, perbatasan Lebanon – Suriah telah menewaskan 16 anggota milisi tersebut.

(muhib al majdi/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.