Perlawanan Hamas hadirkan kepanikan warga Tel Aviv "Israel"

31

PALESTINA (Arrahmah.com) – Tiga juta orang “Israel” menghabiskan Sabtu (12/7/2014) malam mereka dalam kepanikan karena takut akan serangan balik yang akan dilancarkan oleh Hamas. Hamas sebelumnya telah memperingatkan akan menembakkan roket ke wilayah metropolitan Tel Aviv dalam menanggapi serangan udara mematikan penjajah “Israel” di Gaza, lansir MEMO.

Seorang analis militer di Saluran 2 TV “Israel”, Roni Daniel, mengatakan bahwa dalam sejarah “Israel”, “tidak ada yang berani mengancam untuk menyerang ‘Israel’, apalagi kota besar dan bekas ibukota seperti Tel Aviv.”

Media lokal mengeluhkan ketidakberdayaan “Israel” dalam menghadapi ancaman roket Hamas yang mengatakan akan menargetkan Tel Aviv dan Gush Dan pukul 9:00 malam pada Sabtu (12/7). Analis politik Saluran 2 “Israel” Amnon Abromovitch menyatakan apa yang menimpa mereka sebagai sesuatu yang “belum pernah terjadi sebelumnya”, hal ini menunjukkan keberhasilan perang psikologis bagi Hamas. “Tampaknya [Hamas] telah mencapai tujuannya,” tambahnya.

Demikian pula, Wall Street Journal mengatakan bahwa Hamas “berhasil membuat takut warga Tel Aviv dan meraih perhatian nasional dengan perang psikologis.”

Selama roket-roket ditembakkan oleh Hamas pada Sabtu (12/7) malam, “Israel” mencoba menghibur diri dengan penyiaran berita tentang keberhasilan pesawat tempur mereka yang menghancurkan basis dari mana roket-roket itu diluncurkan. Respon Hamas telah mengguncang “Israel” di mana klaim pemerintah mereka yang menyatakan bahwa “Israel” memiliki keamanan yang kuat telah runtuh; warga “Israel” dibuat tak berdaya menunggu-nunggu dalam ketakutan.

Analis menafsirkan roket pada Sabtu (12/7) sebagai pesan yang merupakan pukulan serius bagi keamanan “Israel” dan militer mereka. Mereka mengatakan bahwa itu dapat menyebabkan fase baru dalam konflik, termasuk operasi darat, karena “Israel” akan berusaha untuk terus menyerang.

Di tengah ketakutan warga Tel Aviv terhadap roket-roket perlawanan pejuang Palestina, kepanikan di “Israel” juga dikabarkan muncul setelah pesan dari sayap militer Hamas Brigade Al-Qassam disebarkan oleh intelijen “Israel”, Shabak. Pesan itu memperingatkan zionis akan kemungkinan dilancarkannya operasi istisyadiyah oleh para pejuang Palestina.

(banan/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.