Berita Dunia Islam Terdepan

Kehadiran para Da’i turut hidupkan Ramadhan di pedalaman

Keluarga Dai menuju Pulau Terong Kepulauan Riau
3

KEPULAUAN ANAMBAS (Arrahmah.com) – Sebelum juru da’wah Islam Tri Ardi datang, Masjid Babul Khoirat di Kampung Pemutus, Desa Munjan, Kec Siantan Timur, Kab Kepualauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau, hanya berfungsi sebagai tempat shalat Maghrib dan Isya. Waktu shalat Subuh,Dzuhur,dan Ashar,lewat tanpa penghuni. Warga lelaki masih di laut, yang perempuan asyik di kebun. Sedangkan jika hendak Jumatan, kaum pria harus bergabung ke masjid Kampung Nokok.

Kehadiran dai Dewan Dakwah itu, menghidupkan geliat spiritual di kampung Pemutus. Dan Ramadhan tahun ini, warga bertekad untuk menjalankan sholat lima waktu dengan tertib, belajar berpuasa penuh, juga memakmurkan masjid dengan sholat tarawih dan pengajian.

Tria Ardi adalah salah satu dari 50 da’i Dewan Dakwah yang bertugas di Kepulauan Riau sejak Februari 2014. Ketua Dewan Dakwah Provinsi Kepri Fauzi Mahbub menjelaskan, para da’i ditempatkan di puluhan desa yang tersebar di Kabupaten Karimun, Bintan, Lingga, dan Natuna serta Kepulauan Anambas.

Mereka mendampingi masyarakat setempat dengan bekal spiritualitas, fiqih ibadah praktis, praktik penyelenggaraan fardhu kifayah, sosiologi dakwah, dan lifeskill di bidang pengolahan hasil pertanian dan perikanan.

Pada 13 Juni 2014 lalu, Dewan Dakwah kembali mengirim da’i dan daiyah ke pedalaman. Kali ini berjumlah 59 juru dakwah yang merupakan mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah (STID) Mohammad Natsir, Jakarta.

Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) STID Mohammad Natsir, Ustadz Firdaus, menjelaskan, sebanyak 39 da’i akan ditempatkan di pelosok Nusa Tenggara Timur yang meliputi Kabupaten Atambua, Timor Tengah Selatan, dan Timor Tengah Utara. ”Tiga diantaranya ditempatkan di Timor Leste,” ungkap Firdaus. Sedangkan 20 mahasiswi bertugas mendampingi masyarakat Cigeulis, Kabupaten Pandeglang, Banten.

”Mereka bertugas membina spiritual masyarakat setempat, juga melakukan advokasi kebutuhan sosial-ekonominya. Khusus Ramadhan, mereka mengajak warga setempat menghidupkan Ramadhan dengan amal ibadah,” terang Firdaus.

Untuk mendukung dakwah para da’i pedalaman tersebut, LAZIS Dewan Dakwah mengajak masyarakat turut membiayai program-program spiritual-sosial- kemanusiaan seperti ifthor Ramadhan, buka bersama dan santunan sembako, bingkisan Idul Fitri, wakaf Qur’an, qurban, pengembangan usaha jamaah, dan sebagainya.

Partisipasi silakan menghubungi 021-31901233 atau SMS 0858-8282-4343. Rekening Bank Muamalat Indonesia (BMI) no 301-007-1846 atas nama LAZIS Dewan Dakwah.

(azm/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...