"Israel" menawarkan dukungan bagi negara-negara Arab moderat untuk memerangi "ekstrimisme"

9

TEL AVIV (Arrahmah.com) – “Israel” bersedia untuk membantu negara-negara Arab moderat menghadapi ancamanekstrimis Islam”, kata Menteri Luar Negeri negara itu Avigdor Lieberman dalam pertemuan dengan Menteri Luar Negeri AS John Kerry di Paris, Kamis (26/6/2014), sebagaimana dilansir oleh MEMO.

Menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh kantornya, Lieberman mengatakan: “‘Ekstrimis’ yang saat ini beroperasi di Irak akan berusaha untuk mengguncang seluruh wilayah Teluk, terutama Kuwait, dan menambahkan juga bahwa “‘Israel’ dapat memberikan dukungan yang efektif dan layak bagi negara-negara Arab moderat yang berjuang memerangiekstremis’“, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Lieberman juga menekankan bahwa kepentinganIsrael” konsisten dengan kepentingan negara-negara Arab moderat karena kedua belah pihak sedang menghadapi ancaman jihad global dan AlQaeda serta konsekuensi dari konflik Suriah dan Irak di negara-negara tetangga“.

Mengomentari atas tawaran Lieberman, seorang pejabat Departemen Luar Negeri AS mengatakan bahwa Menteri Luar Negeri “Israel”, Lieberman berbicara secara umum tentang gagasan dalam menghadapi ancaman yang ditimbulkan olehekstremis Islam” di negara-negara di kawasan itu.

Selama tinggal di Paris, Kerry, yang dijadwalkan melakukan perjalanan ke Arab Saudi pada Jum’at )27/6), akan mengadakan serangkaian diskusi dengan para pejabat dari kawasan Teluk tentang krisis Irak.

(ameera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.