Hari Ahad awal Ramadhan 1435 H di mayoritas negara Arab

Foto ilustrasi
33

KAIRO (Arrahmah.com) – Mayoritas negara Arab mengumumkan bahwa hari Sabtu (28/6/2014) adalah hari ke-30 bulan Sya’ban 1435 H dan hari Ahad (29/6/2014) adalah awal bulan Ramadhan 1435 H, Al-Jazeera dan Islammemo melaporkan.

Mufti Mesir Syaikh Syauqi Abdul Karim mengatakan hilal bulan suci Ramadhan 1435 tidak terlihat pada hari Jum’at (27/6/2014) sore dengan pandangan mata telanjang. Hal itu bersesuaian dengan perhitungan ilmu falak. Dengan demikian hari Sabtu menjadi penggenap bulan Sya’ban dan awal Ramadhan dimulai pada hari Ahad.

Lajnah Falakiyah yang bertugas melihat hilal di Uni Emirat Arab dalam pernyataannya menyatakan setelah melakukan pengamatan dan mengikuti cara-cara itsbat syar’iyah serta menjalin komunikasi dengan negara-negara tetangga, Lajnah tidak melihat hilal bulan suci Ramadhan pada Jum’at petang. Dengan itu Lajnah memutuskan hari Sabtu sebagai hari ke-30 bulan Sya’ban 1435 H dan hari Ahad sebagai awal bulan suci Ramadhan 1435 H.

Penetapan hari Ahad sebagai awal bulan suci Ramadhan 1435 H juga diumumkan oleh Hakim Agung Kerajaan Hasyimiah Yordania Dr. Ahmad Halil, Mufti Umum Al-Quds dan Palestina Syaikh Muhammad Husain, dan Lajnah Ru’yat Hilal pada Departemen Wakaf dan Urusan Keislaman Qatar.

Sementara itu Lembaga Dewan Fatwa Syari’ah Yaman mengumumkan hari Sabtu sebagai awal bulan suci Ramadhan 1435 H bagi penduduk Yaman.

(muhib al majdi/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.