Berita Dunia Islam Terdepan

Helikopter tempur rezim Syiah Irak menggempur Tikrit dan Beji

7

TIKRIT (Arrahmah.com) – Pasukan rezim Syiah Irak terlibat pertempuran sengit dengan kelompok-kelompok jihad dan suku-suku muslim pada hari Kamis (26/6/2014) di Tikrit, Al-Jazeera melaporkan.

Dari kota Tikrit, ibukota propinsi Shalahuddin di utara Baghdad, sumber keamanan Irak mengatakan bahwa tiga helikopter tempur tentara Irak mendarat pada sebuah lapangan olahraga di Universitas Tikrit.

Sumber itu menambahkan bahwa baku tembak dengan “orang-orang bersenjata” terjadi setelah pendaratan ketiga helikopter tersebut.

Mujahidin Islam dari kelompok-kelompok jihad dan suku-suku muslim Irak telah menguasai kota Tikrit sejak dua pekan terakhir.

Serangan pasukan rezim Syiah Irak terjadi hanya satu hari setelah mujahidin menyerang pangkalan udara terbesar di utara Baghdad. Sejumlah saksi mata mengatakan kelompok bersenjata menyerang Pangkalan Udara Balad di sebelah selatan kota Tikrit dengan meriam Hawan dan mengepungnya dari tiga arah. Pada masa invasi militer AS pangkalan tersebut dikenal dengan nama Pangkalan Anaconda.

Koresponden Al-Jazeera di kota Beji, propinsi Shalahuddin, melaporkan bahwa helikopter tempur rezim Syiah Irak kembali membombardir sejumlah desa dalam wilayah kota tersebut. Serangan udara itu membunuh dan mencederai belasan warga sipil. Ribuan warga terpaksa mengungsi ke wilayah yang lebih aman.

(muhib al majdi/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...