Empat tentara Somalia dan Jibouti tewas oleh serangan mujahidin Asy-Syabaab

5

MOGADISHU (Arrahmah.com) – Empat orang tentara tewas pada hari Kamis (26/6/2014) dalam serangan syahid terhadap sebuah hotel di kota Bulo Barde, Somalia tengah, sekitar 200 kilometer sebelah utara ibukota Mogadishu, Al-Jazeera melaporkan. Dua di antara korban adalah tentara salibis Jibouti.

Para saksi mata mengatakan serangan dilakukan oleh dua orang yang memakai rompi bom. Mereka menyatakan terjadi ledakan dan terdengar suara baku tembak dalam hotel yang biasa ditempati oleh pasukan Somalia dan pasukan Jibouti yang tergabung dalam Pasukan “Penjaga Perdamaian” Uni Afrika (AMISOM).

Seorang penjaga toko di kota Bulo Barde mengatakan kepada Reuters bahwa para penyerang melemparkan sejumlah granat ke arah pintu gerbang hotel. Mereka kemudian masuk ke dalam hotel dan mulai terlibat baku tembak dengan tentara Somalia dan Jibouti.

Rezim sekuler Somalia dan utusan Uni Afrika belum memberikan konfirmasi apapun tentang serangan tersebut. Sementara itu Harakah Asy-Syabaab Al-Mujahidin (HSM) telah menyatakan bertanggung jawab atas serangan tersebut. Juru bicara mujahidin Asy-Syabaab, Syaikh Abu Mush’ab Abdul Aziz, menyatakan sejumlah anggotanya menyerbu hotel Amalo di kota Bulo Barde. Para mujahidin tersebut “mengenakan rompi bom, melepaskan tembakan dan menunaikan tugas mereka”, kata Syaikh Abu Mush’ab.

Mengingat jenis serangan yang dilakukan oleh mujahidin Asy-Syabaab, besarnya korban yang jatuh boleh jadi lebih besar dari angka yang disebutkan oleh Al-Jazeera dan Reuters.

Jibouti, Ethiopia, Kenya, dan Siera Leone mengirimkan ribuan tentaranya untuk membantu militer rezim sekuler Somalia dalam memerangi mujahidin Asy-Syabaab. Sekjen PBB Ban Ki Moon menyatakan lebih dari 3000 tentara AMISOM telah tewas dalam pertempuran melawan mujahidin Asy-Syabaab di Somalia.

(muhib al majdi/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.