Ancaman kabut asap, Malaysia desak Indonesia segera bertindak

11

KUALA LUMPUR (Arrahmah.com) Pemerintah Malaysia telah mendesak pemerintah Indonesia untuk segera memadamkan api dan mencegah kebakaran hutan di Riau. Menteri Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup Malaysia G. Palanivel, mengatakan bahwa Halimah Hassan, direktur jenderal Departemen Lingkungan Hidup Malaysia telah menulis surat kepada Kementerian Lingkungan Hidup Indonesia.

Surat itu menyampaikan kekhawatiran Malaysia terhadap meningkatnya jumlah titik api yang menyebabkan kabut di Semenanjung Malaysia sejak 22 Juni,” kata Palanivel seperti dikutip kantor berita Bernama, Rabu (25/6/2014).

Pusat Meteorologi Khusus ASEAN (ASMC) pada Selasa (24/6) mendeteksi 143 titik api di Sumatera, lebih dari 129 titik api yang terdeteksi sebelumnya pada Senin (23/6), dan 25 titik api di Malaysia.

Titik api ini sedang diselidiki dan pihak berwenang akan mengambil tindakan,” katanya.

Sampai pukul 09:00 waktu setempat, Selasa (24/6), Indeks Polusi Udara (API) di beberapa daerah di Malaysia telah menurun. Penurunan kualitas udara akibat kabut asap yang ditiup oleh angin monsun barat daya yang diperkirakan akan terus berlanjut sampai September 2014.

(ameera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.