Berita Dunia Islam Terdepan

Salam Brazil: pesan Muslim untuk piala dunia

12

SAO PAULO (Arrahmah.com) – Setelah bekerja keras selama tiga tahun, Federasi Asosiasi Muslim di Brasil (FAMBRAS) telah meluncurkan kampanye Salam Brazil untuk mendakwahkan Islam terhadap ribuan penggemar piala dunia yang datang dari seluruh dunia.

Salam Brazil adalah bagian dari proyek pengenalan Islam yang diluncurkan enam tahun lalu untuk memperkenalkan pesan Islam kepada orang-orang Brasil melalui proyek-proyek dakwah yang berbeda,” Ahmad Khalaf, asal Mesir yang bekerja di Fambras, mengatakan dalam sebuah e-mail untuk OnIslam.net, Selasa (17/6/2014).

“Proyek ini bertujuan untuk menyebarkan pesan Islam tidak hanya di kalangan orang-orang Brasil, tetapi juga untuk semua pengunjung dari seluruh dunia yang berpartisipasi dalam turnamen ini,” tambahnya.

Diluncurkan pada hari pertama Piala Dunia, Salam Brazil merupakan hasil kerja keras selama tiga tahun organisasi dakwah Islam Brasil di bawah naungan Dewan Tertinggi Urusan Islam dan Imam di Brasil.

Saat turnamen piala dunia dimulai Kamis lalu, tim dakwah dari Fambras telah tersebar di kota-kota yang menjadi tuan rumah Piala Dunia selama sebulan untuk mendakwahkan Islam.

Terdiri dari dua belas tim dakwah, Fambras memfokuskan perhatiannya di Sao Paulo di mana tiga tim dikerahkan di tiga tempat yang berbeda untuk menyambut para pengunjung.

Mengemas dengan apik persiapan mereka untuk acara besar ini, para petugas di Fambras telah mempersiapkan kit penyambutan yang mereka buat sendiri untuk menarik perhatian sekitar 600.000 penggemar sepak bola dari berbagai belahan dunia selama kompetisi yang berlangsung selama sebulan ini.

Upaya ini mulai disusun bulan lalu setelah organisasi ini menerbitkan sebuah buku panduan khusus untuk para penggemar Muslim di Piala Dunia FIFA 2014.

Berjudul Salam Brazil“, 65.000 salinan buklet yang terdiri dari 32halaman telah diterbitkan oleh Uni Asosiasi Islam Brasil bekerjasama dengan kedutaan Oman di negara Amerika Selatan.

Bersama dengan buku panduan tersebut, Fambras juga meluncurkan aplikasi smartphone yang menyediakan kompas untuk menemukan arah Makkah (kiblat) untuk shalat serta daftar restoran halal di masing-masing kota yang menjadi tuan rumah piala dunia.

Khalaf, pejabat Fambras, mengatakan bahwa layanan lain yang disediakan diantaranya adalah Salam Busyang akan melakukan perjalanan di seluruh negeri untuk mendistribusikan berbagai macam buku dalam beberapa bahasa.

Bus itu akan membawa slogan Conheco o Islam(Mengenal Islam) dan Islam é Paz (Islam adalah damai).

Fambras juga menyediakan “Salam Brazil Boyyaitu boneka kartun yang diluncurkan untuk anak-anak yang berpartisipasi dalam menyebarkan pesan Islam di kalangan pengunjung Piala Dunia.

Sebuah layanan telepon 12 jam setiap hari dalam bahasa Inggris, Arab, Spanyol, Perancis dan Portugis telah diluncurkan sebelum turnamen itu dimulai.

Bersama dengan Fambras, WhyIslam, proyek dakwah akar rumput terbesar di Amerika Utara, juga telah menuju ke Sao Paulo Brasil untuk mendakwahkan Islam.

Federasi Islam Brasil mencatat bahwa Muslim di Brasil berjumlah sekitar satu setengah juta.

Pakar Islam, Paulo Pinto, dari Universitas Federal Fuminense memperkirakan bahwa Brasil adalah rumah bagi sekitar satu juta Muslim.

Pertumbuhan Islam di negara ini meningkat pesat seiring dengan peningkatan masjid yang sekarang tercatat sebanyak 127 masjid. Sejak tahun 2000, masjid di Brasil meningkat empat kali lipat.

(ameera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...