Berita Dunia Islam Terdepan

“Israel” dan al-Sisi terungkap jalin kesepakatan rahasia

4

KAIRO (Arrahmah.com) – Sebuah laporan yang diungkap oleh surat kabar “Israel” Yedioth Ahronoth menyatakan bahwa rezim al-Sisi telah menjalin kesepakatan rahasia denganIsrael”, sebagaimana dilansir oleh MEMO, Senin (9/62014).

Menurut komentator surat kabar militer, Ron BenYishai, mengatakan bahwa “Israel” mempertahankan hubungan rahasiadengan alSisi dan rezim Arab lainnya yang memiliki kepentingan bersama denganIsrael”.

Laporan tersebut memuji alSisi yang tidak mengundang Perdana Menteri “Israel” Benjamin Netanyahu dalam upacara pelantikannya sebagai Presiden Mesir, pada Ahad (8/6). Hal ini menunjukkan bahwa ketidakstabilan kondisi di Mesir dan dunia Arab membutuhkan kecepatan yang tenang” dalam hubungan timbal balik “Israel” dengan Kairo, dan bahwa kebijakan ini juga harus diperluas untuk sekutu Arab lainnya dengan mempertahankan hubungan rahasia.

“”Israel” harus pandai menangkap peluang yang didapat setelahArab Spring” dalam rangka membangun dan mengembangkan hubungan baik dengan negara tetangga,” kata laporan itu. Tapi pada saat yang sama, “Israel” harus berhati-hati untuk tidak tampak terlalu bersahabat dengan satu negara Arab. Saat ini, kita perlu meningkatkan hubungan kita yang akan mengalahkan tujuan mereka.”

“Dalam prakteknya, sejak terjadi gejolak di dunia Arab, kerjasama rahasia telah terjalin antara “Israel”, Yordania, Arab Saudi dan Mesir. Namun, kita tidak harus mengumumkan dengan suara keras, mengapa? Karena ada kemungkinan bahwa perekonomian Mesir akan terus memburuk, dan kemudian kemarahan rakyat akan beralih keIsrael”, dan kemungkinan tentara Mesir akan bertindak.

Penulis menyerukan suatu pola pikir keamanan “Israel” yang baru berdasarkan kemitraan rahasia dengan wilayah tersebut.

Dia menyimpulkan bahwa rezim al-Sisi adalah kasus yang unik, karena “Israel” memiliki kunci untuk mendapatkan akses ke AS dan setiap bantuan militer dan ekonomi berasal dari negara itu, sementara rezim Mesir memiliki kunci untuk menjaga ketenangan di perbatasan barat “Israel”.

Laporan itu menambahkan bahwa Mesir harus dianggap sebagai faktor stabilisasi di kawasan itu,” karena komitmennya terhadap perjanjian damai antara “Israel” dan Mesir.

“Mengenai hubungan dengan Arab Saudi, “Israel” memiliki kepentingan dalam pemulihan ekonomi Mesir. Tapi Israel tidak perlu mengungkapkan dengan gamblang kepada publik terkait hubungan dekatnya dengan negara Arab.”

(ameera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...