Pemprov Sumbar anggarkan 2,6 milyar untuk masjid dan mushola

Siswa-siswa SMA sedang mengaji Al-Qur'an di dalam masjid
59

PADANG (Arrahmah.com) – Untuk menjemput aspirasi dan memberikan pencerahan agama kepada masyarakat, pada bulan Ramadhan 1435 Hijriyah ini, Pemprov Sumbar kembali melakukan Safari Ramadhan.

Kepala Biro Bina Sos­ial (Binsos) Setdaprov Sumbar Syahril menga­takan, pada Ramadhan tahun ini, akan ada 12 tim yang akan mela­kukan Safari Ramadhan ke-133 Masjid/Musala yang ada di 19 Kabu­paten/kota di Sumbar.

Masing-masing tim, akan diketuai oleh Guber­nur Sumbar, Wakil Gu­ber­nur, Sekda, Ketua DPRD Sumbar, dan para Rektor Perguruan Tinggi, serta para Kepada SKPD Pemprov Sumbar.

“Setiap tim akan mela­kukan safari di satu daerah untuk tiga masjid. Namun, waktunya tidak bersamaan sekaligus,” kata Syahril , Rabu (4/6/2014).

Dikutip dari Haluan, dia menyebutkan pada Safari Ramadhan kali ini Pem­prov Sumbar akan me­ngang­garkan dana sebe­sar Rp2,66 miliar. Dana itu akan dibagikan kepada masjid yang akan di kunjungi sebesar Rp20 juta, dan mushola sebesar Rp5 juta.

“Dana ini mengalami kenaikan dibanding tahun 2013 lalu. Pada tahun lalu, tim hanya bisa mem­berikan dana ban­tuan hibah sebesar Rp10 juta per masjid. Tahun ini bisa Rp20 juta. Kenaikan ini didasari atas Pergub 12 tahun 2014,” ungkapnya.

Dijelaskannya, dana hibah Rp20 juta tersebut, tidak bisa langsung dibe­rikan kepada masjid terten­tu. Karena dananya baru dianggarkan pada APBD Perubahan tahun 2014 nanti. Bantuan yang bisa diterima langsung oleh masjid yang ber­sangkutan hanya bantuan berupa Quran, dan ter­­je­mahaan­nya.

“Untuk bantuan beru­pa dana baru bisa diang­garkan pada APBD-P. Namun, kalau Quran dan terjemahaan, langsung dianggarkan oleh Biro Binsos,” katanya. (azm/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.