Berita Dunia Islam Terdepan

Setelah 51 tahun ditutup, Masjid di Siprus ini kembali dibuka

14

SIPRUS (Arrahmah.com) – Sebuah masjid di Siprus Yunani kembali membuka pintunya bagi umat Islam pada Selasa (3/6/2014) setelah ditutup selama 51 tahun terakhir, lansir World Bulletin.

Setelah upacara peresmian, kepala departemen agama Republik Turki Siprus Utara Talip Atalay memimpin shalat berjama’ah pertama kalinya sejak 1963 di masjid tua bernama Tahtakale itu, yang terletak di bagian selatan Lefkosa (Nicosia), yang dikontrol oleh pemerintahan Siprus Yunani.

Upacara pembukaan kembali masjid tua ini dihadiri oleh para pejabat dan juga tokoh agama lain, seperti Klas Gierow, selaku duta besar Swedia untuk pemerintahan Siprus Yunani, Savvas, selaku ajudan Gereja Ortodoks Yunani Uskup Agung Hrisostomos.

Pulau Siprus telah dibagi menjadi bagian Yunani dan Turki sejak kudeta Siprus Yunani yang disusul dengan misi perdamaian Turki untuk membantu Siprus Turki di bagian utara pada 1974. Para pemimpin Siprus Turki dan Yunani telah terlibat proses perdamaian sejak bulan Februari untuk menyatukan kembali negara pulau tersebut. (siraaj/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...