Setelah serangan Mujahidin Asy-Syabaab terhadap gedung parlemen, menteri keamanan nasional Somalia mengundurkan diri

Serangan bom mobil di luar gedung parlemen Somalia. (Foto : EPA)
7

MOGADISHU (Arrahmah.com) – Menteri keamanan nasional Somalia telah mengundurkan diri setelah serangan oleh Mujahidin Asy-Syabaab di gedung parlemen negara itu.

Pengunduran diri Abdikarim Guled pada Sabtu (24/5/2014) malam datang setelah Mujahidin meledakkan bom mobil di luar gedung parlemen diikuti dengan serangan bersenjata ke dalam gedung saat sejumlah politisi boneka melakukan pertemuan.

“Kalian menyadari serangan ‘pengecut’ dan kekerasan yang dilakukan pada parlemen. Saya menyampaikan belasungkawa saya kepada keluarga korban. Mengingat situasi negara saat ini, saya secara resmi mengumumkan pengunduran diri saya,” ujar Guled seperti dilaporkan Al Jazeera.

Menurut laporan media, sedikitnya 10 petugas keamanan tewas dalam serangan tersebut dan belasan lainnya mengalami luka.

Guled telah dikritik atas serentetan serangan terhadap petinggi Somalia di ibukota selama beberapa bulan terakhir termasuk terhadap tempat-tempat yang dijaga ketat seperti istana kepresidenan dan bandara.

Mujahidin Asy-Syabaab mengaku bertanggung jawab atas serangan pada Sabtu (24/5) dan menyatakan gedung parlemen sebagai zona militer maka serangan terhadapnya dibenarkan. (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.