Pertempuran kelompok Syiah Houtsi dan suku-suku tewaskan beberapa orang di Yaman

14

SHAN’A (Arrahmah.com) – Tiga orang tewas, salah satunya seorang anak, dan beberapa lainnya cedera saat sebuah bom mobil menghantam posko pemeriksaan milik kelompok ekstrimis Syiah Houtsi di propinsi Jauf, Yaman utara pada hari Jum’at (23/5/2014). Beberapa orang lainnya tewas dan cedera dalam pertempuran antara kelompok Syiah Houtsi dan suku-suku di wilayah Dzaifan, Al-Jazeera melaporkan.

Wartawan Al-Jazeera mengutip dari sebuah sumber keamanan lokal di distrik Geil, propinsi Jauf, Yaman barat daya bahwa seorang penyerang meledakkan mobilnya di sebuah posko pemeriksaan milik milisi ekstrimis Syiah Houtsi sehingga menewaskan dua orang milisi dan seorang anak. Belum ada pihak tertentu yang mengeluarkan pernyataan resmi bertanggung jawab atas serangan tersebut.

Sementara itu Reuters mengutip dari seorang pejabat lokal lainnya bahwa serangan itu menyerupai gaya serangan mujahidin AQAP.

Reuters juga mengutip pernyataan beberapa sumber pejabat lokal bahwa milisi Syiah Houtsi pada hari Jum’at (23/4) meledakkan sebuah sekolah agama Islam di propinsi Umran. Saat ini milisi Syiah Houtsi telah menduduki sebagian besar wilayah di Yaman utara.

Pertempuran di distrik Dzaifan masih berlangsung sengit antara milisi Syiah Houtsi dan suku-suku Ahlus Sunnah di sana. Milisi Syiah Houtsi melancarkan serangan besar untuk bisa merebut distrik yang menjadi pintu masuk menuju propinsi Umran tersebut.

(muhib al majdi/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.